Press Release

Novia AVA dan 3 Indonesia Tingkatkan Efisiensi Jaringan dan Pengalaman Pelanggan di Indonesia

Dengan bantuan Nokia AVA, mereka dapat meningkatkan efisiensi jaringan dan meningkatkan pengalaman bagi pelanggan mereka.

Novia AVA dan 3 Indonesia Tingkatkan Efisiensi Jaringan dan Pengalaman Pelanggan di Indonesia
istimewa
Operator 3 

SURYA.co.id | SURABAYA - Nokia hadirkan solusi bagi 3 Indonesia untuk meningkatkan efisiensi pada jaringan LTE miliknya dan meningkatkan pengalaman pelanggannya saat menikmati layanan data 3 Indonesia.

Penggunaan solusi Spectral Performance Management dari Nokia telah menghasilkan peningkatan efisiensi spektrum 3 Indonesia sebesar 17 persen, yang berarti lebih banyak layanan mobile broadband yang bisa diberikan bagi pelanggan, dengan kecepatan data yang lebih tinggi dan layanan yang lebih dapat diandalkan.

"3 Indonesia berkomitmen untuk senantiasa memberikan layanan berkualitas terbaik, terutama bagi para pelanggan milenialnya yang aktif menggunakan aplikasi dan membutuhkan bandwidth yang cukup tinggi seperti video dan mobile game," kata Desmond Cheung, CTO Hutchison 3 Indonesia, dalam rilisnya Selasa (6/11/2018).

Karena pertumbuhan pelanggan dan traffic yang tinggi, operator harus bisa memanfaatkan sumber daya jaringan radio LTE tanpa menambahkan hardware, spektrum, atau BTS baru.

Teknologi Spectral Performance Management Nokia telah memungkinkan 3 Indonesia secara proaktif mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah kinerja jaringan serta memberikan layanan berkualitas terbaik bagi basis pelanggannya yang terus berkembang.

Analisis berbasis cloud dari Nokia AVA menghasilkan rekomendasi otomatis yang meningkatkan efisiensi spektral dan membantu memprioritaskan investasi terhadap kapasitas tambahan.

Nokia AVA mengumpulkan, menyimpan, dan menganalisis data dari berbagai sumber, termasuk data Minimization of Drive Test (MDT).

Sebagai sebuah fitur 3GPP, MDT memungkinkan pengumpulan data performa dari Nokia dan vendor jaringan lainnya, memanfaatkan miliaran laporan pengukuran anonim yang dikirim oleh ponsel biasa.

Algoritma mesin pembelajaran, yang dikembangkan oleh pakar layanan Nokia dalam kemitraan dengan Nokia Bell Labs, menganalisis data dan mengidentifikasi pola penggunaan dan perilaku jaringan untuk mendapatkan informasi yang sangat terperinci, insight dari level sub-cell mengenai kepadatan pelanggan, throughput pada aplikasi, dan performa sinyal radio.

Analisis tingkat forensik ini membantu insinyur jaringan memahami di mana kapasitas hampir habis dan bagaimana seluruh data dapat ditingkatkan sambil memprediksi permintaan selanjutnya dari pelanggan.

Halaman
12
Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved