Berita Surabaya

Gandeng ITS, Pemkab Sidoarjo Kembangkan UKM Tanggulangin

Pasar Kreatif Tanggulangin merupakan bagian dari program Kementerian Perindustrian untuk revitalisasi industri di Kecamatan Tanggulangin

Gandeng ITS, Pemkab Sidoarjo Kembangkan UKM Tanggulangin
istimewa
Sekretaris ITS Dr Agnes Tuti Rumiati, Rektor ITS Prof Joni Hermana, Dirjen Industri Kecil dan Menengah Gati Wibawaningsih dan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah dalam gelaran Pasar Kreatif Tanggulangin 2018 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Syamsul Arifin 

SURYA.co.id | SURABAYA - Semburan lumpur yang melanda pada 2006 silam membuat Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo sempat mengalami hambatan usaha, termasuk Usaha Kecil Menengah (UKM).

Oleh karena itu, Pemkab Sidoarjo bersama Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (RI) sepakat menjalin kerjasama revitalisasi industri kreatif Tanggulangin, Selasa, (6/11/2018).

Pasar Kreatif Tanggulangin merupakan bagian dari program Kementerian Perindustrian untuk revitalisasi industri di Kecamatan Tanggulangin yang sudah dimulai sejak 2017.

Hal tersebut juga merupakan kegiatan terpadu yang melibatkan semua potensi ekonomi, termasuk sentra-sentra kerajinan yang menjadi basis ekonomi kerakyatan.

Dengan demikian dapat diharapkan peningkatan merek dari sentra-sentra UKM di Kecamatan Tanggulangin tersebut menjadi meningkat.

Rektor ITS Prof Ir Joni Hermana menerangkan, yang menjadi tantangan semua pihak saat ini di Sidoarjo bukan hanya masalah lumpur Lapindo.

Namun dalam skala global adalah sistem otomasi, robotika, dan ilmu teknologi. Salah satunya adalah hampir pada semua sistem perdagangan konvensional yang ada saat ini sedang mendapati sebuah ancaman.

“Seperti tantangan besar yang dihadapi oleh hampir semua mal-mal besar untuk mempertahankan usahanya, karena sekarang banyak orang yang suka memilih belanja online daripada harus jauh-jauh pergi ke mal,” ujar Joni.

Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved