Berita Banyuwangi

Pemkab Banyuwangi dan Pertamina Sinergi Kembangkan Pariwisata

Di Banyuwangi sinergi Pertamina lebih banyak pada arah pariwisata. Lantaran Banyuwangi telah memilih untuk mengembangkan pariwisata

Pemkab Banyuwangi dan Pertamina Sinergi Kembangkan Pariwisata
Surabaya.Tribunnews.com/Haorrahman
Tempat pembesaran dan edukasi penyu di Pantai Cemara, Kabuoaten Banyuwangi, Jatim 

SURYA.co.id | BANYUWANGI - Tiap daerah memiliki kebutuhan yang berbeda. Bisa jadi sinergi yang dilakukan di daerah tertentu, tidak cocok diterapkan di daerah lainnya.

Seperti di Banyuwangi, Jawa Timur, misalnya.  PT Pertamina bersinergi sesuai dengan landasan arah ekonomi mereka, yakni pariwisata.

Di Banyuwangi sinergi Pertamina lebih banyak pada arah pariwisata.  Lantaran Banyuwangi telah memilih untuk mengembangkan pariwisata sebagai payung besar perekonomian daerah mereka. 

Menurut Banyuwangi'>Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, pariwisata menjadi penggerak perekonomian daerah yang langsung dirasakan oleh pelaku usaha kecil, seperti warung makan, UMKM pembuat oleh-oleh, jasa travel, dan lainnya.

”Sinergi yang kami lakukan banyak bergerak di pariwisata, termasuk dengan PT Pertamina,” kata Anas, Minggu (4/11/2018).

Dalam bersinergi, Banyuwangi lebih memilih pendampingan desa, agar desa-desa mendapatkan pasokan sumber daya manusia andalan untuk mendampingi pemberdayaan masyarakat.

Itulah yang menyebabkan Corporate Social Responbilty (CSR) diarahkan ke pengembangan pariwisata di desa-desa.

"Untuk CSR, jangan kirim uang ke desa. Kirim saja orang hebat ke desa-desa untuk mendampingi mereka. Sesuaikan dengan kebutuhan,” kata Anas.

Bicara CSR tidak harus soal uang. Tetapi fokus daerah apa. Arah ekonomi daerah seperti apa, sehingga dana CSR dimanfaatkan dengan efektif.  

Di Banyuwangi sinergi yang dilakukan Pertamina lebih pada konservasi dan ekowisata. Ini dilakukan karena potensi garis laut Banyuwangi sangat besar untuk dikembangkan menjadi ekowisata.

Halaman
123
Penulis: Haorrahman
Editor: Fatkhul Alami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved