Rumah Politik Jatim

Partai Nasdem Beri Try Out pada Pemilih di Jatim untuk Mencoblos agar Tak Bingung

Partai Nasdem akan mengajarkan bagimana masyarakat mencoblos yang benar dan apa saja yang harus dicoblos.

Partai Nasdem Beri Try Out pada Pemilih di Jatim untuk Mencoblos agar Tak Bingung
Surabaya.Tribunnews.com/Fatimatuz Zahro
Sekretaris Bappilu Partai Nasdem Jatim Nico Ainul Yakin (dua dari kiri) bersama Ketua DPW Partai Nasdem Ketua DPW Partai Nasdem Jawa Timur Sajekti 'Jeanette' Sudjunadi (tiga dari kiri) saat memberi arahan ke caleg di DPD Nasdem Surabaya.  

SURYA.co.id | SURABAYA - Pemilu serentak April 2019 mendatang menjadi momen pertama bagi masyarakat Indonesia untuk memilih presiden dan legislator di satu waktu.

Di Pemilu 2019 masyarakat akan mencoblos lima kartu suara. Yaitu DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten Kota, DPD RI, dan kertas suara memiliki pasangan calon presiden dan calon wakil presiden.

Momen ini diprediksi akan membuat masyarakat merasa rumit dalam mencoblos. Terutama untuk mencoblos caleg dan juga partai peserta Pileg.

Kondisi ini disadari betul oleh Sekretaris Bappilu Partai Nasdem Jatim Nico Ainul Yakin. Ia mengatakan Partai Nasdem sudah menyiapkam strategi untuk pemenangan Nasdem dengan memudahkan masyarakat mencoblos caleg dan partai biru ini.

"Untuk menyalurkan aspirasinya, masyarakat butuh diberi sosialisasi terutama bagaimana memilih caleg, di semua level kita sosialisasikan. Kita akan try out ke masyarakat agar mereka lebih mudah mencoblos," kata Nico, Minggu (3/11/2018).

Partai Nasdem akan mengajarkan bagimana masyarakat mencoblos yang benar dan apa saja yang harus dicoblos. Menurutnya edukasi ini menjadi penting lantaran potensi persepsi rumit harus memilih banyak jangan sampai membuat banyak suara yang tidak sah atu tak terhitung.

Menurutnya try out nyoblos ini akan dilakukan di tahap dekat pemilihan. Paling tidak mulai awal tahun depan. Sebab saat ini dianggap masih telalu awal mengingat memang masa kampanyenya yang memang panjang.

"Kita ajak mereka menyoblos calegnya, atau mencoblos partainya," ucapnya.

Selain berupaya menyosialisasikan dan mengajak masyarakat latihan nyoblos, Partai Nasdem juga menyiapkan dari segi pengamanan suara. Yaitu dengan menyiapkan Komisi Saksi Nasdem (KSN)

"Saat ini sudah masuk tahap pembentukan KSN di kecamatan. Termasuk pembentukan koordinator saksi. Ada 129.991 saksi yang sedang kita penuhi untuk menjaga TPS," kata Nico.

Pemantapan saksi ini menurutnya adalah ujung tombak pemenangan suara sehingga pihak Nasdem melakukan termasuk menerjunkan saksi yang sudah terlatih.

Hal senada juga disampaikan Ketua DPW Partai Nasdem Jawa Timur Sajekti 'Jeanette' Sudjunadi. Ia mengatakan caleg yang maju di Nasdem memang sudah ditakar secara proporsional dan konfigurasi yang baik.

Banyak calon-calon unggul yang dicalonkan Nasdem. Mulai Hayono Isman, Manohara, dan sejunlah calon yang lain. "Tentu caleg ini pengaruhnya sangat besar dan menentukan. Namun jika tidak memungkinkan ya mudahnya coblos partainya saja," kata Jeanette.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Fatkhul Alami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved