Rumah Politik Jatim

Anjlok di Survei LSI, PAN Jatim: Pemilih PAN Coblos Caleg Bukan Gambar Partai

Survei LSI dilakukan sejak tanggal 4 sampai 14 Oktober 2018. Selain di Jatim, Survei ini dilakukan di 10 provinsi dengan jumlah penduduk paling besar

Anjlok di Survei LSI, PAN Jatim: Pemilih PAN Coblos Caleg Bukan Gambar Partai
SURYA.co.id/Bobby Constantine Koloway
Bendahara DPW PAN Jatim, Agus Maimun 

SURYA.co.id | SURABAYA - Partai Amanat Nasional (PAN) berada di posisi kurang menjanjikan pada survei terbaru Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA.

Berdasarkan hasil survei, PAN di Jawa Timur berada di urutan kedelapan dari 16 partai politik peserta pemilu dengan hanya mendapat 1,6 persen.

Bendahara Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Jatim, Agus Maimun justru menyambut baik hal itu.

Menurut Agus, survei itu menunjukkan sebuah peningkatan dibandingkan dengan pemilu sebelumnya untuk tahapan yang sama (enam bulan sebelum pemilu).

"Kalau di pemilu sebelumnya, hasil survei untuk PAN menunjukkan angka di bawah itu," kata Agus kepada Surya.co.id (Tribunnews Network) ketika dihubungi di Surabaya Sabtu, (3/11/2018).

Menurut Agus, masih rendahnya hasil survei tersebut karena survei itu baru sebatas memilih partai. Namun, belum mempertimbangkan potensi Calon Legislatif (caleg), melainkan baru sebatas memilih gambar partai.

Padahal, berdasarkan survei internal, pemilih PAN justru mayoritas memilih caleg bukan memilih gambar PAN di setiap hari H pemungutan suara. Bahkan, presentasinya bisa mencapai sembilan banding satu.

"Sebab, orang yang memilih gambar PAN dengan orang yang memilih caleg PAN itu berbeda dengan jumlah yang cukup signifikan," kata Agus yang juga Ketua Fraksi PAN di DPRD Jatim ini.

Sehingga, Ia menambahkan bahwa karakteristik pemilih PAN berbeda dengan beberapa partai lainnya yang mungkin lebih diunggulkan dengan identitas lambang partai. Sehingga tidak heran apabila disurvei, pihaknya biasa tertinggal.

Namun, ketika pemilu pihaknya berhasil berada di urutan atas. Misalnya pada pemilu 2014, PAN berhasil meraih 7 kursi di DPRD Jatim dan menempatkan PAN di posisi keenam dari 10 partai politik yang lolos ke parlemen. "Kami sudah terbiasa dengan hasil survei seperti itu," ujarnya.

Meskipun demikian, hasil survei itu sekaligus menjadi guidance bagi pihaknya untuk bekerja lebih keras. "Pemilu masih enam bulan lagi, kami masih banyak waktu," kata Agus yang juga Caleg DPR RI dari dapil Bojonegoro-Tuban ini.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved