Berita Sidoarjo

Produk IKM Tanggulangin Mendunia. Artis dan Pejabat pun Bangga Memakainya

Kualitas kerajinan kulit dari Tanggulangin sudah terpercaya. Meski kalah nama dengan merek luar negeri, namun para pesohor tetap bangga memakainya

Produk IKM Tanggulangin Mendunia. Artis dan Pejabat pun Bangga Memakainya
surabaya.tribunnews.com/m taufik
Penyanyi dangdut Inul Daratista saat di showroom Intako 

"Sejak dulu saya biasa memakai tas kulit dari Tanggulangin. Ketika ke luar negeri, saya juga kerap mengenakan jaket kulit dan koper yang saya beli dari sentra IKM (industri kecil menengah) Tanggulangin."

SURYA.co.id | SIDOARJO - Demikian ungkap Inul Daratista saat mengunjungi showroom Koperasi Intako (Industri Tas dan Koper) di Tanggulangin, Sidoarjo, Jumat (2/11/2018).

Sambil melihat-lihat sejumlah koper yang terpajang di showroom di sana, penyanyi dangdut asli kelahiran Pasuruan ini bercerita bahwa sampai sekarang pun dirinya masih biasa memakai tas, jaket kulit, dan koper hasil produksi IKM Tanggulangin.

"Kualitasnya bagus, tidak kalah dengan produk-produk luar negeri. Bedanya hanya merek produk luar negeri lebih terkenal saja," ujar penyanyi yang tenar dengan goyang ngebornya itu.

Tas kulit, biasa dipakai di acara-acara tertentu saat di dalam negeri. Sementara ketika bepergian ke negara lain, Inul mengaku lebih sering memakai koper dan jaket kulit dari Tanggulangin.

Hal serupa diceritakan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah. Sepatu, tas, dan koper yang biasa dipakainya ke berbagai acara juga berasal dari Tanggulangin.

Termasuk ketika kunjungan ke negara lain, orang nomor satu di Sidoarjo ini juga kerap mengenakan produk IKM Tanggulangin. Alasannya sama, kualitas produk Tanggulangin tak kalah dengan negara manapun.

"Di Itali misalnya, produk-produk yang dijual di sana juga banyak berasal dari Tanggulangin. Saya tanya sendiri ke penjualnya di sana, ternyata barang produksi Tanggulangin tapi sudah diberi merek mereka," ucap Abah Ipul, panggilan Saiful Ilah.

Dirjen IKM Kemenperin, Bupati Sidoarjo, Inul Daratista, sejumlah pejabat dan perajin Tanggulangin berfoto bersama di gedung Intako.
Dirjen IKM Kemenperin, Bupati Sidoarjo, Inul Daratista, serta sejumlah pejabat dan perajin Tanggulangin berfoto bersama di gedung Intako. (surabaya.tribunnews.com/m taufik)

Sementara di dalam negeri, produk kulit Tanggulangin malah sudah sejak berpuluh tahun silam terkenal. Warga di negeri ini sudah sangat familiar dengan produk-produk kerajinan kulit Tanggulangin.

Tas, sepatu, sandal, jaket, koper, topi dan berbagai kerajinan yang diproduksi para perajin Tanggulangin tak pernah diragukan kualitasnya.

Halaman
1234
Penulis: M Taufik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved