Ekonomi Bisnis

Perkuat Nilai Tukar Rupiah, Petrokimia Gresik Ekspor Ratusan Ribu Ton Pupuk ke India dan Filipina

Dari ekspor ini diharapkan bisa menyumbang devisa sekaligus mendorong penguatan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS.

Perkuat Nilai Tukar Rupiah, Petrokimia Gresik Ekspor Ratusan Ribu Ton Pupuk ke India dan Filipina
surya/sugiyono
Proses bongkar muat di pelabuhan khusus PT Petrokimia Gresik untuk ekspor pupuk, Kamis (1/11/2018). 

SURYA.co.id | GRESIK - Ratusan ton pupuk NPK dan NPS diekpor PT Petrokimia Gresik ke India dan Filipina. Total sampai Oktober 2018 sudah 137.702 ton. Ekspor ini untuk menguatkan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

Direktur Pemasaran PT Petrokimia Gresik, Meinu Sadariyo, mengatakan ekspor pupuk selama Januari sampai Oktober 2018 sebanyak empat kali. Yaitu dua kali pada bulan Januari dan dua kali pada Oktober 2018.

Pupuk yang diekspor yaitu jenis NPS (20-20-13) ke India, yaitu ke Quantum Fertilizers Limited dan Agrifield DMCC. Untuk NPK (14-14-14) ekspor ke dua pembeli asal Filipina, yaitu Agrotech Corporation dan Universal Harvester Inc.

“Sejak Januari sampai Oktober 2018, tercatat kami telah mengekspor pupuk jenis NPK dan NPS dengan berbagai formula ke India dan Filipina sebesar 137.702 ton," kata Meinu, Kamis (1/11/2018).

Dari ekspor ini diharapkan bisa menyumbang devisa sekaligus mendorong penguatan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS.

“Melemahnya nilai tukar rupiah terhadap Dolar AS, tidak lepas dari krisis global akibat kebijakan Bank Sentral AS menaikkan suku bunga. Dengan melakukan ekspor, kami berharap bisa ikut membantu mengatasi permasalahan tersebut,” imbuhnya.

Ekspor pupuk ini membuktikan pihaknya selaku produsen pupuk terlengkap dan terbesar di Indonesia dengan kapasitas produksi NPK mencapai 2,7 juta ton per tahun. Sehingga mampu melakukan ekspor pupuk.

"Hingga 2018, kami telah membuat lebih dari 40 formulasi pupuk NPK dan NPS untuk beragam komoditas ke berbagai perusahaan, baik domestik maupun mancanegara," ujarnya.

Oleh karena itu, pihaknya memberikan solusi sebagai produsen pupuk yang siap memberikan solusi dalam bidang agroindustri.

“Upaya ini merupakan langkah strategis dalam mewujudkan produsen pupuk yang mampu menjawab kebutuhan konsumen dan memberikan solusi pada sektor agroindustri,” ucapnya.

Penulis: Sugiyono
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved