Grahadi

Beranda Grahadi

Pakde Karwo Anugerahi Pemuda Pelopor dan Pemuda Utama Jatim 2018: Mereka Calon Pemimpin

Pemprov Jatim memberikan apresiasi khusus kepada para generasi milenial dalam Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 Tahun 2018.

Pakde Karwo Anugerahi Pemuda Pelopor dan Pemuda Utama Jatim 2018: Mereka Calon Pemimpin
surya.co.id /sugiharto
PEMUDA JATIM - Pakde Karwo menyalami para pemuda yang menerima penghargaan sebagai Pemuda Pelopor dan Pemuda Utama Provinsi Jatim tahun 2018 dalam berbagai bidang dalam Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 Tahun 2018 Provinsi Jawa Timur, di halaman Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (29/10/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) memberikan apresiasi khusus kepada para generasi milenial dalam Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 Tahun 2018 Provinsi Jawa Timur, di halaman Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (29/10/2018).

Mereka dinilai telah menjadi sosok yang memberi kontribusi pada lingkungan mereka. Gubernur Jatim Dr H Soekarwo menganugerahi mereka sebagai Pemuda Peolopor dan Pemuda Utama Jatim Tahun 2018.

Pemuda Pelopor adalah para anak muda yang beprestasi di lingkungan mereka, yang terdiri atas lima bidang, yakni pendidikan, agama dan sosial budaya, pengelolaan sumber daya alam (SDA) lingkungan dan pariwisata, pangan, serta bidang inovasi teknologi.

Di atas level Pemuda Pelopor adalah Pemuda Utama. Para pemuda yang dianugerahi sebagai Pemuda Utama Jatim tahun 2018 ini terdiri empat bidang, yakni kesadaran, pemberdayaan ekonomi, kecakapan, serta hobi dan prestasi.

Penghargaan tersebut merupakan inisiasi Pemprov Jatim untuk memberikan apresiasi khusus kepada para pemuda dengan prestasi luar biasa melalui karya dan idenya. Selain memberi nilai manfaat pada masyarakat, juga memberikan nilai tambah serta berkelanjutan (konsistensi).

"Memberikan legacy atau bersifat utama prestasi yang diukir. Sehingga para penerima anugerah Pemuda Utama tadi berhak atas pin dari Pak Gubernur," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jatim Supratomo, usai upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Gedung Grahadi.

Dalam acara kemarin, Gubernur Soekarwo memberikan anugerah itu kepada belasan pemuda pilihan.

"Kalian telah menunjukkan prestasi yang membanggakan. Punya nilai manfaat, ini yang hebat," kata Pakde Karwo, sapaan akrab Gubernur Soekarwo.

Belasan penerima anugerah itu rata-rata masih kuliah atau bahkan ada yang masih duduk di bangku SMA/SMK.

Calon Pemimpin
Menurut Kadispora Jatim Supratomo, pemuda era milenial harus memiliki integritas, kapasitas, dan jiwa kepemimpinan.

"Para penerima anugerah itu tidak lain adalah calon pemimpin yang terpendam. Kemudian muncul di tengah-tengah masyarakat," kata Tomo.

Di antara para pemuda penerima penghargaan ini, bahkan karya dan inovasinya telah masuk dalam 90 karya yang mengguncangkan dunia. Antara lain, ada sosok pemudi di daerah nelayan Sendang Biru yang menjaga kemurnian Pulau Sempu dari sampah-sampah plastik.

Begitu juga banyak kiprah mereka yang mampu memberikan nilai tambah dan kesejahteraan bagi warga di kampungnya.

Mereka hidup di tengah masyarakat, namun sangat peka dengan keadaan lingkungan mereka. (faiq nuraini)

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved