Kesehatan

Mau Jadi Vegan dan Punya Berat Badan Ideal? Coba Diet Flexitarian

Kesulitan jadi vegan tapi ingin punya berat badan ideal? coba diet flexitarian berikut...

Mau Jadi Vegan dan Punya Berat Badan Ideal? Coba Diet Flexitarian
ist/self.com
ilustrasi 

SURYA.co.id | SURABAYA - Menjadi vegetarian rupanya adalah keinginan Aditya (38). Pria berbadan gemuk ini sudah lama ingin hidup sehat sekaligus membentuk badan ideal. Vegetarian atau konsumsi makanan nabati adalah pilihan utama Aditya untuk hidup sehat.

“Saya tertarik jadi vegetarian karena berat badan bisa terkendali,” ujarnya, Senin (29/10).

Hanya saja, keinginan untuk jadi vegan rupanya tak diimbangi dengan keseriusan menghentikan makanan hewani. Selama ini, dia sangat suka dengan fried chicken dan steak.

“Sebenarnya saya mau jadi vegan, tapi saya juga sulit menghindari makanan nabati, terutama daging sapi dan ayam,” katanya.

Untuk itu, dia mau mengurangi konsumsi nabati secara bertahap, namun sekaligus ingin menurunkan berat badan. Dia pun tertarik mencoba diet flexitarian, atau diet yang memakai pola makan vegetarian.

“Ini diet setengah vegetarian, karena masih bisa mengonsumsi telur dan susu. Saya akan mencoba sampai berat badannya ideal,” katanya.

Mengenai hal ini, ahli gizi Graha Amerta RSUD dr Soetomo, Eko Dwi Martini menjelaskan, diet ini punya arti flexible dan vegetarian (flexitarian) atau diet yang masih mengonsumsi beberapa produk hewani. Diet ini diperkenalkan ahli diet sekaligus penulis The Flexitarian Diet, Dawn Jackson Blatner.

“Diet ini menggunakan pola makan berbasis tanaman atau nabati sebagai menunya,” jelasnya.

Pada diet ini, ada empat jenis bahan makanan yang lebih banyak dikonsumsi, yakni telur, biji-bijian, buah dan sayur. Konsumsi daging, susu dan gula juga masih diperbolehkan, meski takarannya sewajarnya. Yang pasti, dalam penerapan diet ini, pola makannya hampir sama dengan yang tak menjalani diet, yakni tiga kali makan utama dan dua kali snack.

“Untuk diet ini sebenarnya ada tiga tahapan, yakni pemula, mahir dan ahli. Untuk yang pemula memang masih boleh mengonsumsi susu. Tapi yang tingkat mahir dan ahli, hanya konsumsi nabati, telur dan ikan saja,” paparnya.

Halaman
12
Penulis: Sudharma Adi
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved