Berita Jawa Timur

Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Siapkan Program Bantuan Pendidikan Mulai Tahun 2019

inas Pendidikan (Dindik) Provinsi Jawa Timur menyiapkan program bantuan pendidikan untuk SMA/SMK baik negeri maupun swasta untuk tahun 2019.

Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Siapkan Program Bantuan Pendidikan Mulai Tahun 2019
ist
ilustrasi 

SURYA.co.id | SURABAYA - Dinas Pendidikan (Dindik) Provinsi Jawa Timur menyiapkan program bantuan pendidikan untuk SMA/SMK baik negeri maupun swasta untuk tahun 2019. 

Kepala Dindik Provinsi Jatim, Saiful Rachman mengungkapkan bantuan pendidikan ini akan diwujudkan dalam Surat Keputusan (SK) Gubernur. Besarannya menyesuaikan surat edaran (SE) Gubernur Jawa Timur tentang sumbangan pendanaan pendidikan (SPP) SMA dan SMK Negeri.

"Besaran Swasta dan negeri nanti sama menyesuaikan tiap daerahnya,"urainya ketika ditemui SURYA.co.id di kantornya jalan Gentengkali 33, Selasa (30/10/2018).

Bantuan pendidikan ini layaknya subsidi pada GTT/PTT. Sehingga membantu pembiayaan pendidikan siswa SMA/SMK, bukan menggratiskan biaya pendidikan.

"Anggarannya nanti kami salurkan ke cabang dinas tiap wilayah, mereka yang meneruskan ke sekolah. Kalau Dapodik (Data Pokok Pendidikan) memang buat dasar, tapi yang tahu kondisi dinlapangan kan cabang dinas,"ungkapnya.

Alokasi anggaran sebesar Rp 904,1 miliar tersebut hanya cukup untuk menanggung SPP gSMA/SMK negeri selama enam bulan. Artinya, selama satu semester tahun ajaran 2019 – 2020 ini SPP SMA/SMK negeri dibayar oleh Pemprov Jatim.

"Nanti kalau ada program lain dari gubernur baru baru di ajukan lagi,"ujarnya.

Di samping SPP gratis, Pemprov Jatim juga akan memberikan dua setel seragam bagi seluruh siswa negeri dan swasta se Jatim. Totalnya, sebanyak 445.000 siswa kelas X akan menerima seragam putih abu-abu dan pramuka atau kepanduan.

"Awal tahun akan kami mulai lelang, jadi Juli 2019 atau awal tahun ajaran baru siswa baru sudah menerima seragam baru,"urainya.

Wakil Ketua Komisi E DPRD Jatim Suli Daim mengungkapkan kesepakatan memberikan pembiayaan SPP untuk siswa SMA/SMK tersebut diputuskan dalam rapat bersama antara Komisi E dan Dindik Jatim, Jumat (26/10/2018).

Halaman
12
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved