Lifestyle

Bisnis F&B di Pusat Perbelanjaan masih Menggiurkan, Gaya Hidup Masyarakat mulai Berubah

Bisnis Food & Beverage (F&B) di pusat perbelanjaan dinilai masih menjadi bisnis yang menggiurkan.

Bisnis F&B di Pusat Perbelanjaan masih Menggiurkan, Gaya Hidup Masyarakat mulai Berubah
surya/ahmad zaimul haq
Bazaar di Galaxy Exhibition Center Galaxy Mall, Jumat (14/9/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Bisnis Food & Beverage (F&B) di pusat perbelanjaan dinilai masih menjadi bisnis yang menggiurkan.

Pasalnya, jika dibandingkan 10 tahun lalu, pertumbuhan bisnis F&B masih berada di 10-15 persen. Namun, kini rata-rata sudah mencapai 30 persen tiap tahunnya.

Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), Sutandi Purnomosidi mengatakan, pertumbuhan ini tak lepas dari gaya hidup masyarakat yang pastinya juga mulai berubah.

"Apalagi ini juga didorong banyaknya pelaku usaha F&B yang melakukan ekspansi di berbagai lokasi pusat perbelanjaan yang tentunya menyumbang pertumbuhan bisnis F&B itu sendiri," ujarnya, Senin (29/10/2018).

Dia mencontohkan, tahun ini saja setidaknya ada 5 tenant yang sudah melakukan ekspansi di sejumlah pusat perbelanjaan di Surabaya. Di antaranya, Tobys Estate, Gioi, De Jounal, The Peoples Cafe, dan Deli France.

"Belum lagi ini akan ada penambahan lahan dari mall existing di Surabaya guna mengakomodir permintaan baru. Nah, ini tentunya bakal menambah gairah bisnis F&B," jelasnya.

Adapun penambahan lahan mall, dijelaskan Sutandi, berasal dari Galaxy Mall 3, Ciputra World 2, dan East Coast Center 2 dengan total lahan hingga 160 ribu meter persegi.

Jika dirinci, dari total luasan itu untuk Galaxy Mall 3 seluas 60 ribu meter persegi yang diperkirakan selesai akhir 2018.

Kemudian, Ciputra World 2 seluas 60 ribu meter persegi dan East Coast Center 2 seluas 40 ribu meter persegi yang diperkirakan selesai pada pertengahan 2019.

Penulis: Arie Noer
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved