citizen reporter

Coba Ini, Nasi Punel Khas Bangil

Sepiring nasi beralas daun pisang dengan banyak "teman" siap menjadi santapan. Nasi punel khas Bangil patut dicoba.

Coba Ini, Nasi Punel Khas Bangil
dokumen pribadi

Sarapan dengan nasi punel yang bertekstur lembut serta beraneka lauk yang dalam satu sajian sangat memanjakan lidah. Menu sarapan spesial itu disebut nasi punel, kuliner khas Bangil, Kabupaten Pasuruan.

Nasi disajikan di atas piring beralas daun pisang. Di atas nasi ditaburkan serundeng. Isi piring selain nasi dan serundeng adalah tahu bumbu bali serta sayur lodeh rebung dan nangka muda. Lauk utamanya bisa empal daging, ayam goreng, telur dadar, paru, dendeng, atau pilihan lainnya.

Itu masih dilengkapi sate kerang, menjeng, dan irisan daging serta kikil. Masih ada parutan kelapa diberi santan dan bumbu yang agak manis yang dikukus.Tak lupa ada sambel ulek yang pedas dicampur dengan irisan kacang panjang.

Awalnya itu merupakan nasi yang dijajakan penjual berkeliling kampung. Karena peminat dan penikmatnya terus meningkat, akhirnya didirikan depot nasi punel di pinggir jalan utama Bangil.

Depot Nasi Punel Hj Lin adalah salah satunya. Penjualnya biasa disapa Bu Lin. Usaha nasi punel sudah turun-temurun dilakukan keluarga Bu Lin. Konon ada bumbu tersendiri untuk membuat nasi punel supaya rasanya berbeda dengan yang lain. Bumbu rahasia, begitu mereka menyebut.

Bumbu itu racikan orang tua Bu Lin. Setiap hari depot itu selalu ramai.

Dengan mempekerjakan semua keluarganya, depot tidak banyak membutuhkan karyawan. Depot yang dibuka pukul 06.00 sampai sore hari didatangi bukan hanya dari warga Bangil, melainkan dari berbagai daerah yang rela jauh-jauh datang ke Bangil untuk mencicipi lezatnya nasi punel.

Makin mantap saat menyantap ditemani teh manis dan es jeruk. Harga nasi punel sampai akhir September 2018, Rp 10.000 sampai dengan Rp 20.000 bergantung pada lauk yang dipilih.

Meylinia Riski Indryani
Mahasiswa Manajemen
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
meyliniaindry14@gmail.com

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved