Lapor Cak

PKL Variasi dan Asesoris Mobil kembali Marak di Jl Kedungdoro, Warga Minta Rutin Ditertibkan 

Mobil boks modifikasi berderet di tepi badan jalan Kedungdoro Surabaya, Rabu (24/10/2018).

PKL Variasi dan Asesoris Mobil kembali Marak di Jl Kedungdoro, Warga Minta Rutin Ditertibkan 
surya.co.id/nuraini faiq
Para PKL variasi menawarkan jasa kepada calon konsumen di Jl Kedungdoro Surabaya, Rabu (24/10/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Mobil boks modifikasi berderet di tepi badan jalan Kedungdoro Surabaya, Rabu (24/10/2018). Mereka membuka lapak layanan variasi dan asesoris mobil berbagai merek dan tipe. Dengan memakan sisi tepi jalan, mereka terus membuka lapak.

Mulai pagi hingga sore, para PKL itu setia menjajakan asesoris mobil lengkap dengan paket memasang sekaligus. Selain ada yang tetap berada di lapak mobil boks mereka, ada pula yang menawarkan diri dengan melambaikan tangan ke arah pengguna jalan. 

Setiap kendaraan yang melintas selalu didekati jika pemilik mobil menghendaki dengan layanan PKL ini. Pantauan surya.co.id di Jalan Kedongdoro itu ada belasan menjajakan asesoris dan variasi yang sama. 

Tidak hanya di sisi barat Jalan Kedongdoro yang dipenuhi PKL asesoris mobil itu. Tampak di sisi timur jalan juga berderet PKL yang sama. Mulai dari pemasangan kaca film mobil sampai pemasangan lampu atau komponen mobil lainnya. 

"Kadang ramai kadang sepi. Kalau ada pengunjung yang mau dipasangkan kaca, ya saya pasang di tepi jalan begini. Kan sama dengan parkir," ucap Udin, salah satu tukang yang menerima pemasangan kaca film dan asesoris lain. 

Begitu juga jika pemilik kendaraan menghendaki pemasangan asesoris lain. Mereka cukup menunggu beberapa saat sambil melihat asesoris mobil mereka dipasang. Tidak sedikit mobil yang memanfaatkan jasa mereka.

Dibanding dengan variasi di bengkel-bengkel umum biasa, variasi dan pemasangan asesoris mobil di PKL Kedungdoro dikenal sangat terjangkau. Pemilik kendaraan juga senang karena tergolong lengkap. 

Ini yang membuat heran kebanyakan orang. Mazlan Mansur, salah satu warga Surabaya mengaku kaget bahwa untuk sekelas PKL, mereka bisa menyediakan segala macam onderdil mobil berbagai merek. 

"Kaget sampai sekelas kaca film V kool yang mahal, di PKL Kedungdoro mampu menyediakan. Ini yang bikin saya tidak percaya," kata Mansur.

Dia juga kaget kenapa PKL asesoris mobil di Kedungdoro begitu marak. Apalagi PKL ini sudah berjalan bertahun-tahun. Pola dan sistem kerjanya sama. Memenuhi tepi badan jalan Kedongdoro, berderet dan dikerjakan di tepi jalan saat itu juga. 

Halaman
12
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved