Ekonomi Bisnis

IBT Center Konsisten Gelar Expo untuk Menarik Kerjasama Bisnis Jatim dan Indonesia Timur

Dengan adanya perwakilan di IBT Center, jadi wadah untuk bertemu dengan investor di wilayah Indonesia Timur.

IBT Center Konsisten Gelar Expo untuk Menarik Kerjasama Bisnis Jatim dan Indonesia Timur
surya/sri handi lestari
(Dari kiri ke kanan) Harry Darmawan, General Manager Garden Palace Hotel, Saiful Jasin, Kepala Bidang Perdagangan dalam Negeri Dinas Disperindag Jawa Timur, dan Rahmi D Pris, Director of Sales & Marketing Garden Palace Hotel, saat memberi keterangan terkait kegiatan IBT Expo, Rabu (24/10/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Adanya layanan logistik tol laut berupa kapal angkut barang dari Surabaya ke berbagai daerah di wilayah Indonesia Timur yang masih dikeluhkan karena load factor (tingkat keterisian) yang tidak seimbang.

Misalnya berangkat dari Surabaya load factor mencapai 100 persen dengan aneka jenis produk sembako, konstruksi dan kerajinan lainnya, sementara saat kembali ke Surabaya, load factor hanya dibawah 50 persen.

Hal itu menjadi salah satu alasan Indonesia Bagian Timur (IBT) Center yang ada di kawasan Hotel Garden Palace Surabaya dengan agresif memberikan ruang bagi potensi yang ada di kawasan Indonesia Timur.

"IBT Center saat ini dimanfaatkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Timur untuk menyediakan kantor perwakilan bisnis dan wisatanya. Selanjutnya, kami membidik dari Kalimantan Timur, Papua dan lainnya," kata Harry Darmawan, General Manager Garden Palace Hotel, Rabu (24/10/2018).

Dengan adanya perwakilan di IBT Center, tim dari wilayah memiliki tempat atau wadah untuk bertemu dengan investor yang bisa mendayakan potensi di wilayah Indonesia Timur.

Seperti membeli kopra, cengkih, pala, lada dan hasil pertanian khas daerah tersebut. Termasuk potensi perikanan, yang dari daerah Indonesia Timur mayoritas belum diolah.

"Selanjutnya bisa dibawa ke Jawa Timur untuk masuk industri. Terbaru kami mendapatkan kabar minyak CPO (Crude Palm Oil) atau minyak kelapa sawit ada yang datang dari perkebunan di Sulawesi. Sementara industri pengolahan minyak kelapa sawit, banyak yang berada di Jatim," ungkap Harry.

Selain menyediakan tempat untuk membuka layanan di IBT Center, hotel di kawasan itu juga menggelar pameran IBT Expo.

Menurut Rahmi D Pris, Director of Sales & Marketing Garden Palace Hotel, pameran IBT Expo ini juga mendorong potensi daerah untuk tampil dalam pameran.

"Tidak hanya terbatas tampil di IBT Center, tapi juga di pameran semacam Expo ini. Selain pamer produk, juga kami pertemuan antara pengusaha IBT dengan pedagang dari Jatim ini, dan sebaliknya," kata Rahmi.

Halaman
12
Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved