Ekonomi Bisnis

Sinergi Swasta dan UKM Terbukti Dorong Pertumbuhan Ekonomi

hal terpenting dari pemberdayaan UKM adalah perubahan paradigma para pelaku UKM itu sendiri.

Sinergi Swasta dan UKM Terbukti Dorong Pertumbuhan Ekonomi
istimewa
Karyani (tiga dari kiri) bersama Elvira Lianita, Direktur Urusan Eksternal dan Fiskal PT HM Sampoerna Tbk dan Henny Susanto, Head of Commercial Business Development Sampoerna saat menjelaskan tentang produk minuman herbalnya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Wirausahawati asal Sukorejo, Prigen, Kabupaten Pasuruan, Karyani, terlihat sumringah ketika berbagi cerita tentang perjalanan usaha minuman herbal yang dirintisnya sejak tahun 2008.

"Dari modal Rp 50.000 di tahun itu, saya coba olah bahan-bahan tradisional jadi minuman. Respon pasar bagus. Tapi semakin bagus setelah saya ikut PPK (Pusat Pendampingan Kewirausahaan) Sampoerna," cerita Karyani, saat tampil dalam diskusi interaktif yang melibatkan pakar ekonomi, tokoh dunia usaha, serta pelaku dan komunitas UKM di Jakarta, pekan lalu.

Perempuan kelahiran 16 November 1967 ini mampu membangun usaha minuman herbal instan, seperti temulawak, kunyit, jahe, kunyit asam, kunci sirih, mahkota dewa, dan lain-lain.

Setelah bergabung dengan PPK Sampoerna, bisnis Karyani berkembang pesat, dengan pemasaran merambah hingga ke Bali, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya dengan distributor tetap, setelah sebelumnya hanya sekitaran Pasuruan.

Tak hanya sendiri, Karyani juga memperdayakan tetangga kanan kirinya sebagai pekerja.

Hasilnya ekonomi di daerah Karyani berhasil terdorong meningkat dan dia diganjar penghargaan UKM Award untuk kategori Micro Enterprise yaitu Social Impact and Environment Care bagi pelaku UKM Kabupaten Pasuruan yang tergabung dalam UKM Center.

Karyani merupakan satu diantara lebih dari 40.000 orang melalui program PPK Sampoerna.

Saat ini, PPK Sampoerna yang terletak di Pasuruan, Jawa Timur, telah menjangkau 79 kota atau kabupaten di Indonesia, serta menerapkan 90 riset terapan yang teruji di bidang pertanian terpadu.

Direktur Urusan Eksternal dan Fiskal PT HM Sampoerna Tbk, Elvira Lianita, menjelaskan PPK merupakan salah satu komitmen perusahaannya untuk mendukung upaya peningkatan pertumbuhan ekonomi kerakyatan melalui pemberdayaan sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia.

"Selain PPK Sampoerna, juga ada Sampoerna Retail Community (SRC) yang telah mengembangkan 57 peritel di tahun 2008 hingga menjadi lebih dari 60.000 peritel di tahun 2018 dan tersebar di 408 kabupaten/kota di 34 provinsi di Indonesia," jelas Elvira.

Head of Commercial Business Development Sampoerna, Henny Susanto, menambahkan SRC merupakan program pembinaan Sampoerna terhadap peritel tradisional melalui edukasi penataan toko, strategi pemasaran, dan manajemen keuangan.

“Selain best practice dari internal perusahaan, banyak pula terapan ilmu pemasaran yang dibagikan kepada para mitra anggota SRC termasuk sharing session bersama pakar ternama di bidang pemasaran. Dukungan yang kami berikan dapat menumbuhkan kesadaran dan semangat para peritel tradisional untuk terus mengembangkan bisnis yang mereka miliki,” jelas Henny.

Data dari Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) pada 2016 menunjukkan bahwa dalam lima tahun terakhir, kontribusi sektor UKM terhadap produk domestik bruto (PDB) meningkat dari 57,84 persen menjadi 60,34 persen sedangkan penyergapan tenaga kerja dari sektor tersebut juga tumbuh dari 96,99 persen menjadi 97,22 persen.

Pakar pemasaran Yuswohady menuturkan, hal terpenting dari pemberdayaan UKM adalah perubahan paradigma para pelaku UKM.

"Dari yang awalnya berusaha hanya untuk makan sehari-hari (subsistence mindset) menjadi bekerja untuk bertumbuh (growth mindset). Kunci dari perubahan ini adalah pengetahuan, yang bisa diperoleh secara vertikal dari perusahaan seperti Sampoerna maupun secara horizontal dari sesama pelaku UKM yang terkoneksi sebagai satu komunitas,"ungkapnya.

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved