Berita Surabaya

Pink Parade Bukti Konkret Breast Cancer Awareness Month

Kanker merupakan penyakit penyebab kematian ke-2 terbesar setelah kardiovaskular pada negara-negara berkembang.

Pink Parade Bukti Konkret Breast Cancer Awareness Month - pink-parade_20181022_182741.jpg
foto: istimewa
Pink Parade sebagai bukti keseriusan mengampanyekan kanker payudara di Jawa Timur.
Pink Parade Bukti Konkret Breast Cancer Awareness Month - yayasan-kanker-indonesia-yki-wilayah-jawa-timur_20181022_183048.jpg
foto: istimewa
Yayasan Kanker Indonesia (YKI) wilayah Jawa Timur dalam memperingati bulan kanker Payudara mengadakan Pink Parade.

SURYA.co.id | - Kanker merupakan penyakit penyebab kematian ke-2 terbesar setelah kardiovaskular pada negara-negara berkembang kira-kira 20 juta orang telah terserang penyakit kanker.

Jumlah ini diperkirakan meningkat sebanyak 30 juta penderita kanker pada tahun 2020. Dan salah satu yang tertinggi di Indonesia adalah kanker Payudara.

Menurut Globocan, International Agency for Research on Cancer (IARC) tahun 2012, insidens kanker payudara sebesar 40 per 100.000 perempuan di Indonesia.

Untuk itu Yayasan Kanker Indonesia (YKI) wilayah Jawa Timur, dalam memperingati bulan kanker Payudara mengadakan Pink Parade sebagai bukti keseriusan mengampanyekan kanker payudara di Jawa Timur.

Rumah Sakit Onkologi Surabaya sebagai pusat penanganan kanker terpadu di Indonesia menyambut baik langkah YKI ini.

Rumah Sakit Onkologi Surabaya (RSOS) ikut meramaikan Pink Parade sekaligus membuka layanan kesehatan di lokasi parade untuk masyarakat umum.

RSOS menampilkan theatrical tentang melawan kanker dengan menganalogikan petinju yang menghajar sel kanker sampai KO. Teatrical ini mendapat sambutan dan applause dari penonton di Grahadi Surabaya.

“Kami menampilkan drama theatrical tentang petinju yang memukul sel kanker dengan maksud bahwa tidak ada kata menyerah untuk kanker. Selalu lawan dan lawan. Jangan pernah takut atau cemas jika terkena kanker.” Ucap Mohammad Rizal, Kepala Departemen Pengembangan Bisnis RSOS

Deteksi dini adalah salah satu langkah cerdas untuk menghajar kanker karena semakin dini mengetahui kanker semakin besar kemungkinan sembuh bahkan sampai 100 persen.

Deteksi dini Kanker Payudara dengan USG Payudara dan Mamografi. Selain itu masyarakat disarankan untuk selalu melakukan SADARI sebagai langkah antisipasi jika ada kelainan di payudaranya.

Acara Pink Parade 2018 ini dihadiri oleh Gubernur Soekarwo dan ketua YKI Hj Nina Soekarwo.

Peserta Pink Parade 2018 selain Rumah Sakit Onkologi Surabaya juga dimeriahkan oleh dinas-dinas yang ada di Provinsi Jawa Timur, Sekolah Menengah Umum se Jawa Timur dan juga pelaku kesehatan lainnya.

“Alhamdulillah dengan Pink Parade ini diharapkan kewaspadaan masyarakat terhadap Kanker Payudara semakin tinggi dan ini juga sebagai bukti konkret Kampanye Kanker Payudara. Dan Rumah Sakit Onkologi Surabaya akan tetap dan terus mendukung kampanye ini setiap Oktober, dalam Breast Cancer Awareness Month,” Pungkas Rizal.

Penulis: Adrianus Adhi
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved