Berita Banyuwangi

‎Bank Indonesia Bantu Pengembangan Homestay di Kaki Gunung Ijen Banyuwangi

Anas menuturkan kontribusi dari BI sangat bermanfaat dalam meningkatkan daya saing homestay di Kecamatan Licin

‎Bank Indonesia Bantu Pengembangan Homestay di Kaki Gunung Ijen Banyuwangi
surya/haorrahman
Program sosial Bank Indonesia membantu homestay di Banyuwangi 

SURYA.co.id | BANYUWANGI - Pengembangan pariwisata Banyuwangi mendapat dukungan dari Bank Indonesia (BI). Bank sentral menggelontorkan Program Sosial BI untuk pengembangan homestay kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Ijen Lestari, Kecamatan Licin.

BI akan membantu peningkatan fasilitas toilet hingga kamar, termasuk kasur, di homestay-homestay yang dikelola BUMDes yang terletak tak jauh dari kaki Gunung Ijen tersebut. Diharapkan, bantuan ini membuat homestay tersebut makin nyaman buat wisatawan.

"Terima kasih kepada BI yang selama ini terus membantu Banyuwangi, tidak hanya dalam urusan pengelolaan inflasi, tapi juga secara konkrit membantu menggerakkan ekonomi masyarakat melalui homestay," ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Senin (22/10/2018).

Bantuan dari BI tersebut telah diserahkan oleh Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi kepada perwakilan BUMDes Ijen Lestari di Pendapa Sabha Swagata Blambangan, Banyuwangi, akhir pekan lalu.

Anas menuturkan kontribusi dari BI tersebut sangat bermanfaat dalam meningkatkan daya saing homestay di wilayah Kecamatan Licin.

"Dengan sendirinya, BI ikut membantu menumbuhkan kegiatan ekonomi desa yang tangguh untuk membantu meningkatkan ketahanan daya beli warga," ujar Anas.

Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi dalam penjelasannya mengatakan, Presiden Jokowi telah memerintahkan agar pengembangan sektor pariwisata di Indonesia dilakukan secara lintas sektoral.

Ini karena pariwisata menjadi salah satu cara ampuh untuk mengatasi defisit neraca berjalan.

“Ini sejalan dengan visi BI, yang ingin berkontribusi nyata untuk perekonomian negara. Karena pariwisata terbukti mampu meningkatkan perekonomian negara, terutama daerah, maka kami menyalurkan bantuan sosial ini sebagai bentuk dukungan kami ke sektor pariwisata,” kata Rosmaya.

Menurut Rosmaya, dalam hal pengembangan pariwisata, Banyuwangi layak dicontoh oleh daerah-daerah lain di Indonesia.

"Banyuwangi konsisten dalam mengembangkan pariwisata sebagai salah satu penggerak ekonomi masyarakat. Dalam beberapa tahun terakhir, pertumbuhan ekonomi Banyuwangi didukung sektor pariwisata dengan kinerja yang lebih tinggi dibanding sektor lainnya," jelas Rosmaya.

Dengan bantuan ke homestay tersebut, Rosmaya berharap, kunjungan wisatawan bisa terus meningkat.

"Dan bisa berdampak ke peningkatkan kesejahteraan masyarakat," tambahnya.

Penulis: Haorrahman
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved