Berita Surabaya

Begini Serunya 3.000 Anak PAUD dan TK se-Jatim Tampil Ikuti GERMAS di Royal Plaza Surabaya

Sejak hari Selasa, (16/10/2018) total 3.000 anak PAUD dan TK se-Jawa Timur antusias mengikuti kegiatan senam bersama di Royal Plaza, Surabaya.

Begini Serunya 3.000 Anak PAUD dan TK se-Jatim Tampil Ikuti GERMAS di Royal Plaza Surabaya
SURYA.co.id/delya octovie
Ratusan anak PAUD dan TK mengikuti senam dipandu seorang instruktur dalam program Gerakan Masyarakat Sehar (GERMAS) di Rpyal Plaza Surabaya, Minggu (21/10/2018). 

SURYA.co.id| SURABAYA - Sejak hari Selasa, (16/10/2018) total 3000 anak PAUD dan TK se-Jawa Timur antusias mengikuti kegiatan senam bersama di Royal Plaza, Surabaya.

Kegiatan senam bersama ini merupakan satu di antara tujuan Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS), program kesehatan jasmani masyarakat yang dicanangkan Presiden Joko Widodo serta Kementerian Pendidikan dan Olahraga.

"GERMAS sebenarnya ada remaja, anak, dewasa. Untuk sekarang yang di Jawa Timur anak-anak dulu, apalagi Bu Wali Kota menyarankan pendidikan sejak dini untuk anak-anak Jawa Timur," tutur Murdjiman Anji, penggerak GERMAS Jawa Timur, Minggu (21/10/2018).

Ia mengakui awalnya tidak merencanakan mengadakan senam dengan skala masif, yang mengajak 3.000 anak PAUD dan TK se-Jawa Timur.

Ia pun ragu bisa menjalankan acara yang digelar selama enam hari tersebut, namun dirinya bersyukur semua berjalan dengan lancar.

Sebanyak 3.000 anak tersebut dibagi tiap sesi per harinya. Ada dua sesi dalam sehari, dan masing-masing diikuti oleh 250 anak.

"Kami memang tujuannya ingin memperingati Hari Anak Nasional. Yang mencetuskan ide kegiatan untuk anak-anak awalnya dari kami, lalu kami bekerja sama dengan Federasi Olahraga Nasional," jelas Natalia, Event Coordinator Royal Plaza.

Ia mengatakan, pihaknya memang ingin mendukung GERMAS, karena selaras dengan kegiatan-kegiatan mal yang seringkali menargetkan anak-anak.

"GERMAS ini juga baru pertama kali ada di Jawa Timur, jadi kami pikir kenapa kami tidak menjadi pelopor," imbuhnya.

Tetapi sebagai permulaan, ia ingin memperkenalkan GERMAS, sekaligus menyehatkan anak-anak.

Namun, mengajak ratusan anak tiap harinya berolahraga sambil bersenang-senang, tentu membutuhkan upaya lebih agar anak-anak tertarik.

GERMAS pun menggandeng INFACT Indonesia, sebuah lembaga pendidikan yang dipercaya mengisi materi, lagu sekaligus lirik senam GERMAS.

"Ini kan program dari Presiden Jokowi, harus disebarluaskan untuk tumbuh kembang anak, kecerdasan anak. Membiasakan anak-anak dari usia dini gemar olahraga itu banyak manfaatnya. Makanya kami lirik-lirik lagunya semua pendidikan karakter," kata Emmy Supadmi, Executive Producer INFACT Indonesia.

Penulis: Delya Octovie
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved