Berita Gresik

Bawaslu Gresik Sayangkan Pemasangan APK di Sembarang Tempat

Para caleg juga bisa memberikan bingkisan kepada masyarakat saat kampanye yang nilainya tidak lebih dari Rp 60.000

Bawaslu Gresik Sayangkan Pemasangan APK di Sembarang Tempat
surya/sugiyono
Spanduk salah satu caleg dipasang di pohon penghijauan taman kota Gresik, Jumat (19/10/2018). 

SURYA.co.id | GRESIK – Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Gresik meminta kepada para calon legislatif (Caleg) baik DPRD, DPRD Provinsi, DPR RI dan DPD agar tidak menempatkan alat peraga kampanye di pohon penghijauan kota. Sebab, hal itu mengganggu estetika dan keindahan kota.

Ketua Bawaslu Kabupaten Gresik Maslukin mengatakan bawha untuk pemasangan alat peraga kampanye (APK) harus mempertimbangkan etika, estetika, kebersihan dan keindahan kota sesuai aturan Undang-undang.

Dalam peraturan KPU Nomor 23/2018 Pasal 16 bahwa petugas kampanye bertanggungjawab terhadap kelancaran, keamanan, dan ketertiban penyelenggaraan kampanye.

“Sehingga pemasangan APK harus dipasang dengan mempertimbangkan etika, estetika, kebersihan, dan keindahan kota atau kawasan setempat sesuai aturan undang-undang.  Itu yang harus dilakukan Caleg untuk tetap menjaga ketertiban,” kata Maslukhin, Jumat (19/10/2018).

Padahal dalam Pileg dan Pilpres serentak ini, KPU telah menyediakan bahan APK yang didesain dicetak oleh KPU sehingga para caleg tidak perlu banyak untuk membuat spanduk dan banner yang ditempel di pohon penghijauan dan taman kota.

“Para caleg juga bisa memberikan bingkisan kepada masyarakat saat kampanye yang nilainya tidak lebih dari Rp 60.000. Seperti, payung, mug, pamflet dan buku catatan,” imbuhnya.

Penulis: Sugiyono
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved