Berita Surabaya

Cara Polisi Tekan Angka Kecelakaan di Ruas Tol Sumo, Pelanggar Kecepatan di Pantau lewat Alat ini

Kasat PJR Direktorat Lalu Lintas Polda Jatim AKBP Bambang Sukmo Wibowo menjelaskan bulan ini kecelakaan di ruas jalan tol Sumo 18 kejadian.

Cara Polisi Tekan Angka Kecelakaan di Ruas Tol Sumo, Pelanggar Kecepatan di Pantau lewat Alat ini
surya/ahmad zaimul haq
Tol Surabaya-Mojokerto di gerbang Warugunung. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Polisi bersama pihak Jasamarga dan pengelola Tol berupaya maksimal  mengantisipasi laka lantas di ruas jalan tol Surabaya-Mojokerto (Sumo).

Kasat Patroli Jalan Raya (PJR) Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jatim  AKBP Bambang Sukmo Wibowo menjelaskan bulan ini kecelakaan di ruas jalan tol Sumo tercatat 18 kejadian.

"Pelanggar lalu lintas di jalan tersebut didominasi oleh kelalaian pengemudi, seperti mengantuk dan tidak fokus," ucapnya saat dihubungi Surya.co.id, Selasa (16/10/2018).

Bambang mengatakan karakteristik jalan tol Sumo memang cukup panjang sehingga banyak pengemudi yang terpacu untuk mengendarai mobilnya dalam kondisi kecepatan tinggi.

"Sudah seringkali kecepatan tinggi diperparah pengemudi kurang antisipasi sehingga memicu kecelakaan hingga menyebabkan korban jiwa," ungkapnya.

Dia menjelaskan karena itulah pihaknya bersama Ditlantas Polda Jatim melakukan kegiatan bersama penindakan pelanggar batas kecepatan di ruas jalan tol Sumo.

Caranya, kata Bambang, pihaknya memakai alat Speed Gun yang digunakan oleh anggota yang di titik rawan pelanggaran batas kecepatan.

Alat Speed Gun itu akan merekam seluruh aktivitas batas kecepatan kendaraan yang melaju kencang dalam koridor pengawasannya.

Apabila ada pelanggar maka hasilnya akan diketahui melalui print out yang dikirim melalui digital ke Receiver Detection di Exit Waru Gunung.

"Jadi pelanggar dapat mengetahui jenis pelanggaran kecepatan saat petugas menunjukkan print out digital tersebut," jelasnya..

Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved