Traveling

Menikmati Gunung dan Danau Batur Sambil Berendam Air Hangat Alami

Pemandangan elok Gunung Batur dan Danau Batur dapat dinikmati sambil berendam air hangat di sini, wisata air panas Toya Devasya

Menikmati Gunung dan Danau Batur Sambil Berendam Air Hangat Alami
surabaya.tribunnews.com/sri handi lestari
Obyek wisata air panas Toya Devasya di Toya Bungah, Kintamani, Bangli, Bali. 

SURYA.co.id  | BALI - September 2018 lalu, obyek wisata air panas Toya Devasya di Toya Bungah, Kintamani, Bangli, Bali, menerima penghargaan Excellent Quality Satisfaction Award dari Venna Event Management di Surabaya.

Ternyata itu bulan penghargaan satu-satunya. Sudah banyak penghargaan yang diterima tempat wisata milik Dr I Ketut Mardjana, yang dikelola bersama putrinya, Putu Astiti Saraswati.

Pekan lalu, Surya (group tribun) berkesempatan berkunjung ke tempat dengan nama Toya Devasya, Hot Spring Wellness Resort tersebut. Untuk mencapai tempat itu, masuk melalui jalan dari Desa Penelokan. Desa ini juga sudah menjadi favorit wisatawan, karena di desa ini bisa menikmati keindahan gunung dan danau Batur, yang seringkali jadi latar berfoto.

Dari jalan Desa Penelokan, jalan menurun dan berkelok menuju ke Toya Bungkah, yang berada di wilayah Desa Pakraman Batur.

Toya artinya air dan Bungkah ada batuan yang membuka. Air itu keluar dari batuan yang membuka tersebut. Menuju ke Toya Devasya, melewati jalan dengan batu-batuan di kanan kirinya. Hal ini tak lepas dari daerah itu yang merupakan kaldera dari gunung Batur. Sementara danau Batur yang ada di satu kawasan itu, terlihat seperti bulan sabit, berdampingan dengan areal batu-batuan yang saat ini juga sudah menjadi spot menarik untuk foto.

Sesampainya di Toya Devasya, akan ada dua pintu masuk. Yaitu pintu masuk untuk wisatawan asing (wisman) dan wisatawan domestik (wisdom).

"Dulu saya pernah mau kesini. Tapi sempat tidak percaya diri, karena banyak wismannya," cerita Sandy, MC kondang asal Surabaya, yang menemani perjalanan Surya menuju ke Toya Devasya.

Sebagai wisdom, pintu masuk yang dilalui adalah di sisi utara areal Toya Devasya. Tertulis harga tiket Rp 90.000 per orang, dengan mendapat fasilitas gratis bakso dan kentang goreng.

Setelah membeli tiket, bila ingin berendam di kolam air hangat, memberikan deposit senilai Rp 20.000 untuk mendapatkan handuk dan kunci loker.

Setelah memegang handuk berwarna ungu, sesuai dengan ciri khas Toya Devasya yang ornamennya mayoritas warna ungu, termasuk patung gajah yang dicat ungu, sudah terlihat beberapa kolam air hangat.

Halaman
12
Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved