Polemik Ratna Sarumpaet

Psikiater Hubertus Kasan Hidajat : Ratna Sarumpaet Idap Hipomania

Seorang psikiater bernama Hubertus Kasan Hidajat mengungkapkan bahwa Ratna Sarumpaet mengalami gangguan kejiwaan dan mengidap hipomania.

SURYA.co.id | JAKARTA - Ratna Sarumpaet terindikasi mengalami gangguan jiwa dan mengidap hipomania.

Hal itu diungkapkan oleh psikiater Hubertus Kasan Hidajat dalam acara "Indonesia Lawyers Club" (ILC) TV One, yang diunggah di Youtube pada Rabu (10/10/2018).

Hubertus Kasan Hidajat mengatakan, Ratna Sarumpaet diindikasi mengalami kelainan jiwa yang disebut hipomania.

Lalu Hubertus menjelaskan, bahwa seorang yang terkena hipomania biasanya sangat semangat, aktif, dan banyak ide.

Orang tersebut juga tak mengenal lelah, tetapi pada batas tertentu akan menunjukkan suatu kelainan yang disebut bipolar.

Dilansir dari Wikipedia, bipolar adalah gangguan mental yang ditandai dengan perubahan suasana hati yang sangat ekstrem berupa mania dan depresi.

Suasana hati penderitanya dapat berganti secara tiba-tiba antara dua kutub (bipolar) yang berlawanan, yaitu kebahagiaan (mania) dan kesedihan (depresi) yang berlebihan tanpa pola atau waktu yang pasti.

Hubertus menjelaskan bahwa seorang penderita hipomania memiliki sisi positif, yakni bisa menjadi orang kaya raya dan sukses.

"Tapi kalau sudah sampai menyerang orang lain, usahanya belum selesai ditinggal, itu jadi bumerang dan itulah yang kita sebut bipolar," jelas Hubertus.

"Itu mempunyai gejala tempelan yang kita sebut dengan psikopatik, gejala khasnya itu asal ngomong atau bohong, kemudian gejala yang satunya lagi yaitu paranoid atau curiga," katanya.

Halaman
12
Editor: Iksan Fauzi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved