Rumah Politik Jatim

Peringati Hari Santri, Sandiaga Uno Akan Pawai Jombang-Tugu Pahlawan Surabaya

Ketua Harian BPP Prabowo-Sandi Jatim, Anwar Sadad mengatakan Cawapres Sandiaga Uno akan pawai dari Jombang ke Surabaya, Minggu (21/10/2018).

Peringati Hari Santri, Sandiaga Uno Akan Pawai Jombang-Tugu Pahlawan Surabaya
SURYA.co.id/Bobby Koloway
Sekretaris DPD Gerinrda Jatim, Anwar Sadad 

SURYA.co.id | SURABAYA - Ketua Harian Badan Pemenangan Provinsi (BPP) Prabowo-Sandi Jatim, Anwar Sadad mengatakan Cawapres Sandiaga Uno akan pawai dari Jombang ke Surabaya, Minggu (21/10/2018).

Pawai Sandiaga Uno itu untuk memperingati Hari Santri Nasional yang jatuh pada hari Senin (22/10/2018).

Baca: Ini Pendapat Sandiaga Uno untuk Elite Politik soal Indonesia Terapkan Sistem Ekonomi Kebodohan

Baca: Kabar Suap kepada Kapolri Tito Karnavian Adalah Hoaks, Begini Penjelasan Mahfud MD

Sadad mengatakan pawai tersebut sekaligus momen untuk mengingatkan bahwa latar belakang dari hari Santri Nasional adalah Resolusi Jihad Hadratussyaikh KH Hasyim Asyari, pendiri Nahdlatul Ulama.

"Sekarang kan kelihatannya cuma dijabarkan bahwa santri itu harus sarungan tapi kan di balik itu sebenarnya adalah spiritnya adalah resolusi jihad, yaitu resolusi yang dikeluarkan oleh hadratusyaikh KH Hasyim Asy'ari pada tanggal 22 Oktober," kata Sadad, Sabtu (13/10/2018).

Baca: Inilah Peran Nanik S Deyang sebagai Saksi Kunci Kasus Hoaks Ratna Sarumpaet Dianiaya

Baca: 4 Fakta Pilpres 2019 Terberat bagi Prabowo Menurut Sekjen Gerindra Ahmad Muzani

Dari resolusi tersebut, lanjut Sadad semangat arek-arek Surabaya dan sekitarnya untuk bertempur mati-matian melawan sekutu muncul dan akhirnya mampu memenangkan pertempuran dibawah komando Bung Tomo.

"Jadi isinya adalah mempertahankan kemerdekaan RI hukumnya wajib ain, lebih dari sekadar sarung dan Hari Santri ini bukan hanya milik santri saja tapi juga semua elemen bangsa, ya santri, ulama tokoh nasional, nasionalis, dan yang lain," lanjut Sekretaris DPD Gerindra Jatim ini.

Sadad menjelaskan, nantinya pawai tersebut akan dimulai dari Jombang dan akan berakhir di Tugu Pahlawan, Surabaya.

"Pawai ini akan melintasi beberapa pesantren yang menjadi saksi sejarah kelahiran Resolusi Jihad, mana saja pesantrennya masih kita godog," kata Sadad.

Sadad mengatakan dalam pawai ini Cawapres, Sandiaga Salahudin Uno akan menyampaikan orasi kebangsaan bertema “Resolusi Jihad Kedaulatan Ekonomi” sebagai refleksi Hari Santri Nasional. (Sofyan Arif Candra Sakti)

Editor: Iksan Fauzi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help