Dari Media Sosial, Zarnika Rahayu Dapat Hidup Mandiri

Selain digunakan untuk bersosialisasi, siapa sangka dari sebuah aplikasi media sosial seseorang dapat meraup pundi-pundi uang

Dari Media Sosial, Zarnika Rahayu Dapat Hidup Mandiri
ist
Zarnika Rahayu 

SURYA.co.id | MOJOKERTO - Selain digunakan untuk bersosialisasi, siapa sangka dari sebuah aplikasi media sosial seseorang dapat meraup pundi-pundi uang.

Seperti yang digeluti oleh Zarnika Rahayu (21) saat ini. Dia memanfaatkan instagram sebagai media iklan atau endorsement.

Tak tanggung-tanggung, dalam satu bulan dia mendapat pesanan dari pengiklan sebanyak 50 produk.

Zarnika menerima orderan iklan melalui post foto ataupun insta story di akun Instagramnya.

"Saya menerima endorse bermacam barang, di antaranya seperti produk hijab, gaun, make up dan tas. Sebulan pendapatan saya minimal Rp 10 juta," katanya, Sabtu (13/10/2018).

Tapi sebelum mendapat keuntungan puluhan juta, Zarnika menceritakan, awal mula menerima tawaran endorse sekitar tahun 2015, dia hanya dibayar dengan pulsa.

"Awalnya saya tidak tahu apa itu endorse. Dibayar dengan pulsa Rp 50.000 'plus' barang display iklan jadi milik saya, dulu sudah senang sekali. Tapi saat saya bersyukur bisa membayar kuliah sendiri dari hasil endorse," terangnya seraya tertawa.

Zarnika mengungkapkan, awalnya tak ada fikiran membuka jasa endorse. Dulu dia hanya berniat menggunggah foto pribadinya di Instagram dengan imbuhan hastag Outfit Of The Day (OOTD) dan Hijabers Indonesia di kolom 'caption'.

"Dari situ foto saya di repost oleh akun komunitas hijabers. Lalu tak seberapa lama ada tawaran endorse dari salah satu akun penjual hijab. Dia menghubungi saya melalui pesan pribadi instagram," paparnya.

Di sisi lain, mahasiswi Universitas Islam Majapahit Mojokerto bidang studi Ilmu Akuntansi ini juga menerima tawaran menjadi model iklan portofolio dari pengusaha make up artist (MUA).

"Saya juga berkeliling dari kota ke kota ketika ada tawaran jadi model portofolio MUA. Paling jauh saya mendapat tawaran dari MUA Jogjakarta," ujarnya.

Penulis: Danendra Kusumawardana
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help