Berita Surabaya

Surabaya Ada 2 Patahan Aktif, Pakar Geologi ITS: Segera Buat Mitigasi Bencana

"Artinya ada potensi gempa di Surabaya sehingga menuntut kita harus waspada dan antisipatif," kata Amien

Surabaya Ada 2 Patahan Aktif, Pakar Geologi ITS: Segera Buat Mitigasi Bencana
surya/sulvi sofiana
Amien Widodo 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pakar Geologi ITS Surabaya Amien Widodo mengingatkan bahwa ada potensi Kota Surabaya setiap saat bisa jadi akan dilanda gempa. Sebab kota ini dilalui dua sesar atau patahan bumi, yakni patahan Waru dan Patahan Surabaya.

Dia merujuk hasil penelitian resmi dari Kementerian Pekejaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bahwa patahan itu tergolong aktif.

"Artinya ada potensi gempa di Surabaya sehingga menuntut kita harus waspada dan antisipatif," kata Amien mengingatkan, Jumat (12/10/2018).

Dua patahan yang dimaksud adalah Patahan Waru dan Patahan Surabaya. Patahan Waru itu membentang mulai dari Sidoarjo, Waru, Jombang, hingga Nganjuk. Kemudian patahan Surabaya melintang dari kawasan Mayjen Sungkono hingga Cerme Gresik.

Untuk itu, Pemkot Surabaya diminta menindaklanjuti hasil temuan itu dengan sikap antisipatif. Amien menyarankan agar Pemkot sesegera mungkin membuat mitigasi bencana sehingga bisa dilakukan langkah antisipatif.

"Daerah dan titik mana saja yang berpotensi mengalami gempa. Kemudian pemetaan itu dijadikan acuan untuk menyikapi jika benar-benar terjadi bencana gempa," sambungnya.

Daerah-daerah mana yang konstruksi tanahnya labil. Bangunan mana saja yang konstruksinya masih belum tahan gempa, termasuk titik mana saja yang paling rentan.

Bahkan, dalam mitigasi bencana gempa itu juga nantinya untuk mencari potensi titik mana daerah gempa yang paling potensial dan sebaliknya.

Dia memberi gambaran bahwa saat terjadi gempa yang berpusat di Situbondo kemarin, Kota Surabaya juga ikut terasa getarannya.

Jika sebuah patahan itu aktif, maka getarannya akan terasa saat terjadi gempa.

Halaman
12
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved