Gempa Situbondo

Polda Jatim Turunkan 200 Pasukan Bantu Korban Terdampak Gempa di Pulau Sapudi Sumenep

Tim gabungan tersebut terdiri dari pasukan Korps Brimob dan Sabhara bersama tim medis Biddokes Polda Jatim.

Polda Jatim  Turunkan 200 Pasukan Bantu Korban Terdampak Gempa di Pulau Sapudi Sumenep
surya/istimewa
Pasukan gabungan Polda Jatim tiba di Pulau Sapudi Sumenep Madura. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur mengerahkan ratusan pasukan dari segala fungsi Polri ke lokasi terdampak gempa terparah di Kepulauan Sapudi, Sumenep Madura.

Komando kepemimpinan pasukan yang diberangkat, Jumat (12/10/2018), dikoordinir Wakapolda Jatim Brigjen M.Iqbal bersama Karo Ops Polda Jatim Kombes Pol Heri Sitompul.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera menjelaskan Wakapolda Jatim mengkoordinasikan pejabat Polda, termasuk Kapolres Sumenep terkait pemberangkatan pasukan untuk memperkuat ke lokasi terdampak gempa di Sapudi Madura.

"Ada 200 pasukan gabungan dari segala fungsi Polri telah diberangkatkan ke Pulau Sapudi," ujar Barung di Mapolda Jatim, Jumat (12/10/2018).

Barung mengatakan adapun tim gabungan tersebut terdiri dari pasukan Korps Brimob dan Sabhara bersama tim medis Biddokes Polda Jatim.

"Rencananya, pasukan tersebut berada di Sapudi situasional hingga kondisi di lokasi terdampak gempa membaik," ungkapnya.

Masih kata Barung, pemberangkatan pasukan ini untuk menunjang pemulihan pasca musibah gempa 6,4 SR yang mengguncang, Kamis (11/10/2018) dini hari.

Dampak gempa merenggut tiga korban jiwa dan ratusan rumah warga rusak.

Ini merupakan sebagai tindaklanjut kunjungan Forkompinda, Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan bersama Gubernur Soekarwo dan Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman ke lokasi terdampak gempa di Pulau Sapudi kemarin.

"Sebagian pasukan sudah tiba di Polsek Sapudi," imbuhnya.

Sebelumnya, gempa berkekuatan 6,4 Skala Richter terjadi di Situbondo, Jawa Timur, tepatnya di 61 kilometer Timur Laut Situbondo, Kamis (11/10/2018) dini hari.

Gempa ini dirasakan sejumlah wilayah di Jawa dan Bali. Kerusakan paling parah dialami warga Pulau Sapudi, Sumenep Madura, di mana ada tiga orang meninggal dunia.

Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help