Berita Surabaya

Pemkot Surabaya Tak Miliki BPBD, begini Respons Wagub Jatim Terpilih Emil Dardak

Menurut Emil, peran BPBD kabupaten/kota sangat penting untuk menanggulangi bencana karena selama ini ia melihat BPBD selalu berada di garda terdepan.

Pemkot Surabaya Tak Miliki BPBD, begini Respons Wagub Jatim Terpilih Emil Dardak
surya/fatimatuz zahro
Cawagub Jawa Timur terpilih Emil Elestianto Dardak dalam sebuah acara. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Wakil Gubernur Jatim terpilih, Emil Elestianto Dardak, enggan berkomentar banyak terkait Pemkot Surabaya yang tidak memiliki Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Padahal menurut Emil, peran BPBD kabupaten/kota sangat penting untuk menanggulangi bencana karena selama ini ia melihat BPBD selalu berada di garda terdepan dalam penanganan bencana.

"Ya itu kan keputusan startegis, saya belum berani berkomentar apa-apa tentang hal itu saat ini," kata Emil, Jumat (12/10/2018).

Emil mengatakan harusnya setiap kabupaten/kota di Jatim punya BPBD.

"Memang mungkin beberapa ada yang berpendapat bencana itu bisa ditangani oleh dinas dinas, tapi tergantung ya kalau area urban mungkin iya, tapi kalau untuk Trenggalek misalnya, saya sebagai Bupati terbantu sekali dengan adanya BPBD yang punya koordinat langsung dengan BNPB dan BPBD Provinsi," ucap Emil.

Apalagi, lanjut Emil, BPBD mempunyai tugas sebagai Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) yang bekerja 24 jam.

Walaupun begitu, Emil mengatakan perlu atau tidaknya di suatu daerah terdapat BPBD harus ditentukan dengan matrik dan ukuran kelembagaan yang jelas.

"Tapi saya boleh sampaikan, kompleksitas penanganan bencana di Trenggalek memang lebih kompleks secara jenis dan variasi kejadian, tapi kalau secara dampak berapa kepala yang berpengaruh tentu di Surabaya lebih besar karena konsentrasi penduduknya lebih padat," pungkasnya. ( sofyan arif candra sakti)

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help