Berita Tuban

Pengurusan Izin Usaha di Tuban Kini Bisa Dilakukan Secara Online

Sejak diberlakukannya PP 24 tahun 2018, pengurusan izin di Kabupaten Tuban kini bisa dilakukan secara online.

Pengurusan Izin Usaha di Tuban Kini Bisa Dilakukan Secara Online
surabaya.tribunnews.com/m sudarsono
Masyarakat atau pemohon izin mengurus perizinan via OSS di kantor Perizinan dengan dibantu petugas help desk 

SURYA.co.id | TUBAN - Pemerintah telah mengeluarkan PP nomor 24 tahun 2018 tentang pelayanan perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik.

Peraturan tersebut telah ditetapkan 21 Juni 2018 lalu oleh Presiden Joko Widodo dan telah diundangkan Menkumham Yasonna H Laoly.

Dengan adanya peraturan tersebut, maka pengurusan izin bisa dilakukan secara elektronik atau online terpusat di bawah Kemenko Perekonomian.

Kabid Perizinan Dinas Penanaman Modal, PTSP dan Tenaga Kerja Kabupaten Tuban, Judhi Tresna mengatakan, untuk sekarang perizinan sudah bisa dilakukan secara online terpusat.

Jadi sudah tidak perlu lagi melalui dinas perizinan setempat, karena sudah ada PP nomor 24 tahun 2018.

"Urus izin sudah online langsung secara nasional, di bawah Kemenko Perekonomian, ini sudah berlaku," ujar Judhi ditemui di kantornya, Kamis (11/10/2018).

Dia menjelaskan, proses perizinannya memang harus terkoneksi dengan internet. Para pemohon izin bisa mengakses OSS.go.id (Online Single Submasion/ Perizinan terintegrasi secara elektronik).

Pengusaha hanya butuh memasukkan NPWP perusahaan atau perorangan, KTP, Akta pendirian PT. Kemudian akan mendapatkan petunjuk atau panduan berikutnya.

Untuk masuk sistem sendiri, pemohon harus menggunakan email, berikutnya nanti akan mendapatkan verifikasi.

"Semua izin usaha bisa, kecuali pertambangan dan nuklir. Sudah banyak juga masyarakat yang mengakses dan berhasil mengurus izin melalui OSS," pungkasnya.

Penulis: M. Sudarsono
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved