Advertorial

80 Penyandang Disabilitas Ikuti Pelatihan dari Maybank Indonesia dan Maybank Foundation

Maybank Indonesia dan Maybank Foundation, melanjutkan pelaksanaan program pemberdayaan ekonomi berkelanjutan bagi komunitas penyandang disabilitas

80 Penyandang Disabilitas Ikuti Pelatihan dari Maybank Indonesia dan Maybank Foundation
tribun jatim/Arie Noer Rachmawati
Ketua OJK Regional IV Jawa Timur, Heru Cahyono (kanan) bersama Andri Wibowo salah seorang penyandang disabilitas yang memiliki usaha pot bunga dari stocking. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Maybank Indonesia bersama Maybank Foundation, melanjutkan pelaksanaan program pemberdayaan ekonomi berkelanjutan bagi komunitas penyandang disabilitas (Reach Independence & Sustainable Entrepreneurship-RISE) di Surabaya.

Kegiatan pelatihan yang digelar di gedung Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial (BK3S) Convention Center itu, diikuti 80 penyandang disabilitas yang memiliki beragam lini usaha.

"Mulai dari penjahit, penjual makanan, penjual souvenir, jasa reparasi elektronik, warung kelontong, penjual kerajinan tangan, hingga usaha bengkel kendaraan," kata Esti Nugraheni, Head, Corporate Communication & Branding, Kamis (11/10/2018).

Program RISE bertujuan untuk membangun dan meningkatkan kapabilitas usaha mikro-UKM penyandang disabilitas sehingga dapat memberikan dampak positif bagi komunitas di sekitarnya. Kepada peserta dilakukan pelatihan tiga hari dan tiga hingga enam bulan pendampingan.

"Dalam masa tiga hari pelatihan, para peserta penyandang disabilitas dibekali dengan pengetahuan pengelolaan keuangan, strategi pemasaran dan perubahan pola pikir (mindset)," jelas Esti.

Baca: OJK Dorong Perbankan Tingkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan ke Penyandang Disabilitas

Selanjutnya dalam program mentoring terstruktur selama tiga hingga enam bulan, para peserta akan didampingi mentor secara personal untuk meningkatkan pendapatan dan kapasitas usaha, yang pada akhirnya bertujuan meningkatkan taraf hidup para penyandang disabilitas.

"Pelatihan RISE di Surabaya merupakan kota kedua di regional Jawa Timur setelah sebelumnya dilaksanakan di Malang. Pelatihan RISE di Malang telah diadakan sebanyak tiga kali, yakni pada bulan Januari, Februari dan Juli," tambah Juvensius Judy Ramdojo, CSR Head & Section Maybank Indonesia Foundation Corporate Communication.

Pelaksanaan program RISE di Surabaya ini adalah rangkaian program untuk memberikan pelatihan kepada 2.200 penyandang disabilitas yang akan dilakukan hingga 2019, di sedikitnya 16 kota di Indonesia dan Surabaya adalah kota ke-16, termasuk pelaksanaan pilot project di Jakarta dan Yogyakarta.

Pemberdayaan ekonomi merupakan salah satu fokus corporate responsibility Maybank Indonesia.

Selaras dengan misi humanising financial services, Maybank Indonesia secara konsisten memberikan perhatian kepada individu maupun komunitas wirausaha penyandang disabilitas dengan berbagai program yang bertujuan untuk meningkatkan semangat pantang menyerah, percaya diri serta meningkatkan keterampilan hingga meningkatkan kapasitas usaha untuk mencapai masa depan yang mandiri dan sejahtera melalui program RISE.

"Kami berharap program ini dapat membangun dan meningkatkan kapabilitas usaha mikro-UKM sehingga dapat memberikan dampak positif bagi komunitas di sekitarnya,” ungkap Juvensius.

Baca: Bila Surabaya Diguncang Gempa, Potensi Terjadi Amplifikasi Tinggi. Begini Penjelasannya

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved