Berita Surabaya

PSLI Diikuti 140 Pelukis, Jual Karya untuk Korban Gempa di Sulteng

Pasar Seni Lukis Indonesia (PSLI) digelar Jumat (12/10) hingga 20 Oktober tetap diminati, karena diikuti 140 pelukis se-Indonesia.

PSLI Diikuti 140 Pelukis, Jual Karya untuk Korban Gempa di Sulteng
surya.co.id/sudharma adi
┬áM Anis (baju putih) menunjukkan salah satu lukisan yang ikut di PSLI. 

SURYA | SURABAYA - Event Pasar Seni Lukis Indonesia (PSLI) yang digelar Jumat (12/10) hingga 20 Oktober nanti tetap diminati, karena diikuti 140 pelukis se-Indonesia. Namun event yang digelar di JX International ini tak hanya memajang lukisan, tapi juga menjual lukisan dan hasilnya disumbangkan ke Palu dan Donggala.

Pelaksana PSLI sekaligus Ketua Sanggar Merah Putih, M Anis menuturkan, event ini tetap eksis dan saat ini masuk penyelenggaraan yang kesebelas. Dengan tetap menjaga eksistensi pelukis, perhelatan PSLI ini bersamaan dengan HUT Provinsi Jatim ke-73, yang jatuh pada Jumat (12/10). “Para pelukis yang ikut PSLI ke-11 ini sebagian adalah pendatang baru, tapi sebagian lainnya sudah pernah ikut event ini sebelumnya,” jelasnya, Rabu (10/10).

Dari 140 pelukis itu, sebagian besar adalah pelukis dari Jatim dan Jabar, kemudian dari Kalimantan dan Bali. Setiap pelukis akan menampilkan belasan karya terbaiknya di event ini. Mereka menampilkan karya lukis dengan berbagai macam aliran, seperti realis, lanskap, dekoratif, surealis, dan abstrak.

“Mereka adalah pelukis yang bisa langsung bertemu tanpa perantara. Makanya, dengan jumlah pelukis sekian, kami menargetkan penjualan sampai Rp 5 miliar,” katanya.

Dalam event ini, ada sedikit berbeda dibandingkan event sebelumnya. Pelukis tak hanya menampilkan dan menjual lukisan saja, namun pelukis juga menyuguhkan karya terbaiknya. Karya tiap pelukis akan dipajang di tengah area PSLI, dan jika ada yang terjual, maka 50 persen hasil penjualan akan disumbangkan untuk korban bencana di Palu dan Donggala.

“Karya yang dipajang itu bebas temanya. Yang penting, ini adalah kepedulian atau empati para pelukis pada event ini,” ujarnya.

Pada acara PSLI ini, tak hanya pameran lukisan saja yang akan ditampilkan. Para pelukis juga akan melakukan on the spot di Pelabuhan Tanjung Perak, kemudian pelatihan peranting dan painting. Ada pula live music, seminar dan bersama-sama melukis dengan model Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jatim terpilih.

“Ada juga talkshow tiga penyair  Albul Hadi, Akhudiat dan Afrizal Malna,” pungkasnya.

Penulis: Sudharma Adi
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help