Ekonomi Bisnis

Persaingan Pasar Semakin Ketat, Club Pilih Pertahankan Harga

produsen dan distributor AMDK merek Club, menyatakan tidak akan menaikan harga meski terimbas fluktuasi nilai mata uang tersebut

Persaingan Pasar Semakin Ketat, Club Pilih Pertahankan Harga
surya/sugiharto
Hendra Widjaja, Business Unit Manager PT Tirta Sukses Perkasa (Indofood Group) menjelaskan program baru yang digelar guna mendongkrak penjualan air minum dalam kemasan. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Industri Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) mulai terkena dampak pelemahan rupiah. Hal ini karena harga bahan baku plastik dan kotak karton untuk produk botol dan gelas (cup) mengikuti nilai tukar (kurs) dolar Amerika Serikat (AS).

Kendati demikian, produsen dan distributor AMDK merek Club, menyatakan tidak akan menaikan harga meski terimbas fluktuasi nilai mata uang tersebut.

"Industri AMDK biaya paling banyak adalah plastik kemasan yang mencapai 60 persen. Sementara bahan baku plastik kemasan dan kotak karton masih impor," jelas Hendra Widjaja, Business Unit Manager PT Tirta Sukses Perkasa (Indofood Group), saat ditemui di Surabaya, Jumat (5/10/2018).

Dengan mempertahankan harga, maka Club harus mendorong peningkatan penjualan. Salah satu upaya yang dilakukan dengan menggelar program berhadiah.

"Sejak September sampai akhir November mendatang kami ada program Go Win 2018. Gosok-gosok Pasti Win!," ujar Hendra.

Dengan program ini, pihaknya berharap bisa menarik lebih banyak konsumen. Karena mereka berpeluang mendapatkan hadiah berupa ratusan unit sepeda motor, dan uang tunai yang total mencapai miliaran rupiah.

"Kemarin sudah ada konsumen yang beruntung. Membeli Club kemasan karton, ibu rumah tangga, ada kupon di dalamnya, digosok dan beruntung dapat Rp 500.000," jelas Hendra.

Sebenarnya pasar yang dibidik adalah penjual retail yang menjual produk dengan mendisplay di warung, toko kelontong dan sejenisnya.

Namun, pasar AMDK gelas, ternyata saat ini menjadi penyumbang terbesar penjualan Club dengan tidak terbatas pedagang.

"Konsumen rumahan juga sudah banyak. Sekarang tamu yang datang ke rumah, bahkan konsumsi minum air putih di rumah sudah sedia AMDK cup atau gelas," lanjut Hendra.

Halaman
12
Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved