Citizen Reporter

KKN Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Ajak Ibu-ibu PKK Melek Teknologi Informasi

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 65 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo berfokus pada Sistem Informasi Desa.

KKN Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Ajak Ibu-ibu PKK Melek Teknologi Informasi
Citizen Reporter
Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 65 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo berfokus pada Sistem Informasi Desa. 

SURYA.co.id | Sidoarjo - Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 65 Sidoarjo'>Universitas Muhammadiyah Sidoarjo berfokus pada Sistem Informasi Desa.

Hal itu mendorong peserta KKN Kelompok 65 untuk meratakan kemampuan masyarakat menggunakan teknologi dan informasi di Desa Kedungkendo, Kecamatam Candi, Kabupaten Sidoarjo.

Salah satu langkah yang diambil adalah melakukan pelatihan Microsoft Office (Ms Word dan Ms Excel). Pelatihan dilakukan Kamis (20/9/2018). Pesertanya perangkat desa serta ibu-ibu PKK.

Tujuan pelatihan ini sederhana. Mahasiswa KKN berharap ibu-ibu PKK masa kini tidak ketinggalan kemajuan teknologi informasi.

"Saya berharap, dengan belajar Excel, ibu-ibu PKK bisa membuat laporan keuangan PKK maupun rumah tangga secara lebih rinci dan sistematis. Selain itu, dalam membuat surat resmi juga bisa dilakukan sendiri," ujar Kurniawan selaku ketua pelaksana saat memberi sambutan.

Materi yang disampaikan peserta KKN meliputi bagian dan fungsi serta beberapa rumus singkat yang sering diterapkan untuk kebutuhan sehari-hari. Kegiatan itu disambut baik para peserta pelatihan.

Selama ini, dalam pengelolaan data keuangan dan administrasi, PKK masih menggunakan sistem manual. Dengan pelatihan seperti itu akan ada modernisasi.

Saat pelatihan berlangsung, peserta ditugaskan mengetik tulisan yang terdiri atas beberapa paragraf. Yang tercepat, sesuai ketentuan, dan kreatif mendapat hadiah dari panitia. Hal itu cukup mendorong semangat para peserta.

Di akhir acara pelatihan, ibu-ibu PKK dan perangkat desa juga diberi sebuah permainan sebagai hiburan. Seluruh peserta pelatihan harus mencari nomor di bawah kursi.

Setiap peserta yang menemukan nomor mendapat hadiah dari panitia.

Wienneta Aulia Hajar
Peserta KKN Kelompok 65
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
wiennetaaulia@gmail.com

Editor: Iksan Fauzi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved