Lipsus

Berkah Lembaga Bimbel jelang Tes CPNS 2018: Permadina Lolos setelah 2 Kali Ikut Tes, Berikut Tispnya

Dengan pengalamannya ini ia pun memberikan tips beberapa hal yang perlu diperhatikan peserta tes agar lolos CPNS.

Berkah Lembaga Bimbel jelang Tes CPNS 2018: Permadina Lolos setelah 2 Kali Ikut Tes, Berikut Tispnya
surya.co.id/wiwit purwanto
Pembelajaran di Bimbel RC Education Centre. 

SURYA.co.id |  Setelah dua kali ikut tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), Permadina akhirnya dapat menembus menjadi PNS.  Tes yang pertama dijalaninya pada 2006, saat baru lulus S1 dari program studi statistik  ITS Surabaya.

Saat itu  tes CPNS masih menggunakan sistem Paper Based Test  (PBT).  “Saya ambil formasi pendidikan di Diknas tapi nggak nyantol,” kata Permadina , yang kini menjadi salah satu tentor di Bimbel RC Education Centre.

Tes CPNS berikutnya sudah  sistem Computer Assisted Test (CAT),  dan Permadina lolos menjadi CPNS.

Dengan pengalamannya ini ia pun memberikan tips beberapa hal yang perlu diperhatikan peserta tes agar lolos CPNS.

Pertama, menurutnya, kerjakan soal yang paling mudah. Dari tiga materi tes yang dianggapnya mudah adalah materi Tes Karaktristik Pribadi (TKP). Alasannya dalam tes ini  tidak ada nilai nol. Semua soal ada nilai dari 1 sampai 5, dengan jumlah soal 35.

Berikutnya, lanjut  Permadina, kerjakan soal yang dirasa paling mampu dikerjakan, baik itu Tes Intelegensi Umum (TIU)  atau Tes Wawasan Kebangsaan (TWB).  Untuk TIU,  nilai minimal atau ambang bawah  80 dengan jumlah soal 30. Satu soal nilainya 5, bila dikerjakan 16 soal saja dan benar semua sudah melewati ambang bawah.

Untuk materi TWK, ada 35 soal, dengan nilai minimal atau ambang bawah 75. Dengan bobot nilai satu soal nilai 5, maka bila dikerjakan 15 soal dan benar semua maka nilai sudah di atas ambang bawah. Semua jawaban wajib diisi karena tidak ada pengurangan nilai atau nilai minus.

Berkah bimbel

Momen penerimaan CPNS 2018 dengan sistem CAT  menjadi peluang sejumlah lembaga bimbingan belajar (bimbel) yang membuka program khusus persiapan tes CPNS.  Pemilik RC Education Centre

 Sugiyanto mengatakan, peserta tes CPNS kali ini lebih mudah karena prosedur tes menjadi semakin praktis dan efisien dengan adanya CAT. 

Halaman
123
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help