Berita Mojokerto

Belajar Sebulan Dari Pengrajin Tanggulangin, Tammy Sukses Kembangkan Bisnis Tas Kulit Perca

Setelah belajar selama sebulan dari perajin di Tanggulangin, Sidoarjo, Tammy, perempuan Mojokerto sukses mengembangkan bisnis kerajinan limbah kulit

Belajar Sebulan Dari Pengrajin Tanggulangin, Tammy Sukses Kembangkan Bisnis Tas Kulit Perca
surabaya.tribunnews.com/danendra kusumawardana
Fauziah Utami (kiri) menunjukkan produk tas kulit percanya, Selasa (9/10) 

SURYA.co.id | MOJOKERTO - Fauziah Utami (45) warga Jalan Sepak Bola BB 26 Perumahan Japan Raya, Sooko, Kabupaten Mojokerto menyulap limbah kulit sapi menjadi kerajinan tas bernilai ekonomis. Dia memulai membuat kerajinan tas pada tahun 2006 lalu.

Keterampilan membuat kerajinan tas dari perca kulit, diperolehnya dari pengrajin kulit di Tanggulangin, Sidoarjo. Di sana, dia belajar selama 1 bulan.

"Saya memang ingin membuat usaha kreativitas. Lalu saya belajar ke pengrajin Tanggulangin selama satu bulan. Tiga kali dalam seminggu saya belajar selama 4 jam pulang-pergi naik motor sendiri," kata perempuan yang akrab dipanggil Tammy, Selasa (9/10/2018).

Di Tanggulangin, dia belajar teknik sulaman dasar yakni membuat model bulat pada tas. Selanjutnya dia mengembangkan teknik secara otodidak.

"Awalnya saya hanya bisa membuat model bulatan. Kemudian saya kembangkan sendiri membuat model segitiga dan kotak," ucapnya.

Setelah mahir membuat beberapa model sulaman, Tammy memberanikan diri membeli bahan produksi dengan uang belanjanya. Bahan produksi ia beli di pengusaha sepatu Desa Belimbing Sari, Sooko, Kabupaten Mojokerto.

"Modal awal saya Rp 500.000," ujarnya.

Saat pertama kali produksi, ia sempat menemui kendala, yakni membuat kantong dan handle (pegangan) tas. Namun ia tak menyerah begitu saja. Tammy terus mengotak-atik hingga ia dapat membuat kantong dan handle tas dengan caranya sendiri.

"Saya mengotak-otik selama satu bulan dan jadi sebuah produk tas kulit perca yang sempurna. Meski satu bulan hanya bisa memproduksi satu tas, saya bangga sekali," terangnya seraya tertawa.

Tammy melanjutkan, produk tas pertamanya itu ia tunjukkan ke tetangga. Tammy tak menduga rupanya para tetangga sangat terkesan dengan produk tasnya.

Halaman
123
Penulis: Danendra Kusumawardana
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved