Liputan Khusus

Total  Formasi CPNS di Jatim 16.276, Tes Gunakan Sistem CAT, 20 Menit Setelahnya Hasil Diketahui

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jatim Anom Surahno mengatakan, jumlah di atas sudah termasuk semua kabupaten/kota di Jatim.

Total  Formasi CPNS di Jatim 16.276, Tes Gunakan Sistem CAT, 20 Menit Setelahnya Hasil Diketahui
surya.co.id/aflahul abidin
Peserta mengikuti bimbingan belajar di lembaga bimbingan belajar Uno Education di Jalan Kedung Tarukan Baru IV, Surabaya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Gubernur Jatim Soekarwo beberapa waktu lalu mengingatkan para pelamar CPNS 2018 agar tidak tergoda janji manis calo maupun pihak mana pun yang menyebutkan bisa meloloskan CPNS. Sebab rekrutmen CPNS semuanya sudah berbasis online dan tesnya pun menggunakan sistem computer assited test (CAT), sehingga siapapun orangnya tidak mungkin bisa mangatur nilai peserta.

Apalagi skor nilai peserta dipajang seketika itu juga setelah tes berakhir, dan bisa dilihat semua peserta tes. "Mau calo CPNS yang bagaimana kalau sudah begini. Jadi sebaiknya konsentrasi mengerjakan tes dengan maksimal, jangan sampai kena tipu," kata Pakde Karwo.

Jika masih ada orang yang mengatakan bisa meloloskan CPNS, Pakde Karwo mematikan itu pasti penipu. 

"Yang pasti kalau terkena bujuk berarti dua kali tertipu. Pertama tertipu informasi dari sosok penipu, kedua tertipu uang yang disetorkan," imbuh Pakde. 

Sementara itu, formasi CPNS di Provinsi Jatim yang telah disahkan totalnya sebanyak 16.276. Pendaftaran CPNS 2018 sudah dimulai sejak 19 September 2018.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jatim Anom Surahno mengatakan, jumlah di atas sudah termasuk semua kabupaten/kota di Jatim yang hampir semua membuka rekrutmen CPNS. Terakhir, kabupaten/kota membuka CPNS pada 2015. 

“Tahun ini pelaksanaan rekrutmen CPNS berbasis online, sehingga tidak ada ruang untuk tipu-tipu. Jangan pernah percaya dengan siapa pun yang mengaku bisa memasukkan jadi PNS," tegas Anom. 

Dengan sistem CAT, kata Anom,  semua soal dikerjakan secara online. Selanjutnya nilai dan ranking peserta tes CPNS akan dipajang terbuka. Setelah selesai 20 menit, sudah diketahui peserta lolos apa tidak. “Masyarakat tidak usah percaya calo," tegasnya.

Khusus untuk formasi Pemprov Jatim, kata Anom, dibutuhkan 2.065 orang. Rinciannya, tenaga pendidik sebanyak 826 orang, tenaga kesehatan 797 dan tenaga teknis lainnya 442 orang. Menurutnya, kebutuhan guru, dokter dan perawat masih mendominasi.

Anom menambahkan, masalah administrasi dalam pendaftaran CPNS harus benar-benar diperhatikan, karena banyak permasalahan administrasi atau karena portofolio lalu gagal tes.  

“Sayang kan karena mereka berpotensi dan berkualitas gagal, hanya karena urusan administrasi saja. Kalau mau download siapkan dulu. Download dulu lalu di-scan lalu upload. Jangan sampai gagal di dokumen,” paparnya.

Ini penting diperhatikan, karena waktu pendaftaran dan  kelengkapan administrasi adalah salah satu bentuk seleksi. Tahun sebelumnya, kata Anom, sebanyak 32 persen pendaftar ini gagal di administrasi.

Pelaksanaan tes nanti, kata Anom, di depan ruang tes akan ada beberapa monitor, yang akan memantau perkembangan seluruh rangkaian tes. Dari monitor itu peserta bisa mengetahui langsung nilai dari tes yang ia ikuti, bila masih ada waktu peserta masih bisa merevisi jawaban. (iit/fla)

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help