Berita Surabaya

Kali Pertama, Mangga dan Bawang Jatim Tembus Pasar Ekspor Malaysia dan Singapura

Setelah dua bulan lalu Jatim mengekspor kambing dan domba, kini giliran produk Agro dan hortikultura menembus pasar internasional.

Kali Pertama, Mangga dan Bawang Jatim Tembus Pasar Ekspor Malaysia dan Singapura
pixabay.com
ilustrasi mangga 

SURYA.co.id | SURABAYA - Setelah dua bulan lalu Jatim mengekspor kambing dan domba, kini giliran produk Agro dan hortikultura menembus pasar internasional.

Yang membanggakan, mangga arumanis Jatim dan bawang lokal telah diminati pasar global. 

"Gubernur Pakde Karwo luar biasa ini. Mangga Jatim bisa ekspor ke Malaysia dan Singapura. Begitu juga bawang merah bisa menembus pasar internasional," reaksi Menteri Pertanian Andi Amran usai elegan ekspor produk pertanian dan hortikultura di Dinas Pertanian Jatim, Senin (8/10/2018).

Ekspor komoditas hortikultura ini seakan menemukan momentum emas. Di saat nilai rupiah melemah dan harga bawang merah turun, Jatim berhasil mengekspor mangga, bawang, dan biji kangkung. 

 "Sekali lagi ini membanggakan. Produk pertanian kita menembus pasar dunia. Sebelumnya, buah manggis dari Padang juga tembus ekspor ke China," tandas Amran.

 Hal ini menandakan bahwa gerakan pertanian telah memberi kontribusi nyata.

Pemerintah terus mendorong produksi ekspor dengan mempermudah izin pelaku ekspor.

"Kalau perlu izin kita antar ke rumah pemohon," tambah Amran. 

Gubernur Soekarwo menyebutkan Jatim memang tengah mengembangkan produk mangga. Semua daerah di Jatim kini telah menjadi penghasil mangga.

"Terutama jenis arumanis yang ekspor telah menyebar. Mulai dari Pasuruan, Situbondo, Banyuwangi, Gresik, hingga Ponorogoro. Pokoknya hampir semua daerah di Jatim," kata Pakde Karwo

Halaman
123
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help