Berita Banyuwangi

Semarak Festival Kuntulan Lantunkan Lagu-lagu Islami di Banyuwangi

Kuntulan adalah salah satu kesenian khas Banyuwangi dengan musik hadrah yang melantunkan lagu-lagu Islami.

Semarak Festival Kuntulan Lantunkan Lagu-lagu Islami di Banyuwangi
SURYAOnline/Haorrahman
Festival Kuntulan Caruk, Sabtu (6/10/2018) malam, yang diikuti grup-grup kuntulan se-Banyuwangi, di Taman Blambangan Banyuwangi. ‎ ‎ 

SURYA.co.id | BANYUWANGI - ‎‎Kuntulan adalah salah satu kesenian khas Banyuwangi dengan musik hadrah yang melantunkan lagu-lagu Islami. Adapun “caruk” berarti bertemu.‎

‎Festival Kuntulan Caruk digelar, Sabtu (7/10) malam, yang diikuti grup-grup kuntulan se-Banyuwangi, di Taman Blambangan Banyuwangi.

"Festival Kuntulan Caruk ini semacam lomba yang mempertemukan grup-grup kuntulan. Ini ikhtiar untuk terus merawat kesenian kuntulan sebagai satu bagian tak terpisahkan dari kegiatan dakwah,” ujar Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas.

Anas mengatakan, dari musik kuntulan tersebut, publik bisa melihat inklusivisme nilai-nilai Islam dalam kesenian ini.

Anas mengaku sedang merancang Kuntulan sebagai bagian atraksi Banyuwangi Festival. Kuntulan akan ditampilkan kolosal dalam sebuah pertunjukan.

"Kami akan meredesain kuntulan. Tariannya cukup 40 persen saja, dengan unsur musik yang lebih dominan. Karena kehebatan kuntulan terletak di musiknya yang rancak, dengan memadukan alat musik terbang (rebana) dan jidor. Puji-pujiannya menunjukkan nilai-nilai Islam yang teduh dan mengayomi, sehingga ini juga bagian dari dakwah," ujar Anas.

Di Banyuwangi, Tari Kuntulan biasanya tampil pada waktu peringatan hari besar keagamaan. Para penarinya menampilkan tari Rodat, cara berpakaian atau busananya juga santun.

Seperti memakai kerudung dan sarung tangan, hingga memakai kaos kaki yang menutupi seluruh aurat pada tubuh, sehingga sangat kental sekali dengan ajaran agama.

Penulis: Haorrahman
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved