Berita Sidoarjo

Tanggul Lapindo Ambles, Warga hingga Malam ini Waswas Terjadi Sesuatu

Mendengar lumpur meluber, warga sekitar langsung panik. Sebagian sempat melakukan persiapan evakuasi.

Tanggul Lapindo Ambles, Warga hingga Malam ini Waswas Terjadi Sesuatu
surya.co.id/m taufik
Puluhan warga sekitar berkumpul di lokasi tanggul ambles, Jumat (5/10/2018). 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Mendengar lumpur meluber, warga sekitar langsung panik. Sebagian sempat melakukan persiapan evakuasi. Mengemasi barang berharga, jika sewaktu-waktu harus meninggalkan rumah.

Demikian diungkapkan Muhammad Yasin, warga Dusun Pologunting, Desa Gempolsari, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo yang tempat tinggalnya hanya berjarak beberapa meter dari tanggul.

"Kami sangat khawatir. Benar-benar waswas mengetahui ada kabar tanggul ambles dan lumpur meluber," ungkap pria yang juga anggota LPMD ini, Jumat (5/10/2018).

Sampai malam ini, dia dan sejumlah warga terus standby memantau perkembangan. Khawatirnya, sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Kepada Surya.co.id, Yasin menceritakan bahwa keresahan warga bukan hanya ketika ada kabar tanggul ambles. Sejak lama, warga di sana kerap mengeluh.

Rumah-rumah warga lebih rendah dibanding tingginya tanggul. Jarak tanggul dengan rumah-rumah warga juga hanya berbatas jalan desa.

"Karena dekat dengan tanggul, air sumur warga terkontaminasi. Warga sulit mendapatkan air bersih, dan setiap hari juga harus mencium bau menyengat dari lumpur," urai dia.

Keluhan itu sudah berulang kali disampaikan ke pihak desa maupun ke PPLS. Tapi sejuah ini, disebutnya belum ada respons positif.

Ditambah lagi ada kabar tanggul ambles, warga pun semakin resah.

"Kalau terjadi apa-apa, siapa yang bertanggung jawab," tandasnya.

Disebutnya, ada tujuh RT yang tinggal di kawasan itu, yakni sebagian RT 9, RT 10, 11, 12, 13, 14, 15, dan RT 15 di RW 3, Desa Gempolsari, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo.

 
 

Penulis: M Taufik
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved