Grahadi

Beranda Grahadi

Lanjutkan Program secara Konsisten

Pertumbuhan ekonomi Jawa Timur selama beberapa tahun selalu di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional.

Lanjutkan Program secara Konsisten
foto:istimewa
Wasiaturrahma, Pengamat Ekonomi Unair 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pertumbuhan ekonomi Jawa Timur selama beberapa tahun selalu di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional. Di sisi lain, dampak dari perbaikan ekonomi dunia, kecuali India, membawa angin segar pada perekonomian Indonesia, khususnya Jawa Timur, karena ekspor Jatim ke Amerika Serikat (AS) sekitar 20 persen selama ini.

Meski tidak bisa dipungkiri bahwa dengan melambatnya perekonomian global, khususnya AS di tahun sebelumnya jelas berdampak juga pada nilai ekspor Jatim.

Dengan kondusifnya pemilihan kepala daerah serentak 2018 di Jawa Timur, tentunya berdampak pada investasi Jatim akan semakin bertumbuh di tahun ini.

Namun demikian, Pemprov Jatim harus tetap konsisten, Khofifah-Emil sebagai pasangan terpilih, harus melanjutkan program Pakde Karwo–Gus Ipul.

Apa saja program yang harus tetap dilanjutkan? Hemat saya, program yang bagus dalam mendorong Investasi maka tidak ada salahnya bila terus dilanjutkan.

Pertama, produksi besar dan UMKM adalah yang dibutuhkan government guarantee sebagai non fiscal engineering seperti kemudahan perizinan dan layanan informasi investor, percepatan pengadaan lahan, dan jaminan ketersediaan pasokan energi/listrik.

Hal ini tidak perlu khawatir, karena Jatim termasuk over supply di sektor kelistrikan.

Kedua, industri bahan baku (smelter) untuk mengurangi ketergantungan impor sangat penting.

Untuk mempercepat Investasi skala besar, Jatim sudah mempunyai Eksisting Digital Support System Pembangunan Industri.

Pemprov harus konsisten dalam menggunakan layanan virtual yang komprehensif dan terintegrasi dengan kabupaten/kota yang bisa memberikan informasi lahan-lahan investasi sehingga memudahkan investor baik asing maupun domestik yang ingin berinvestasi.

Yang tak kalah penting adalah suku bunga kredit perbankan. Untuk Jawa Timur sudah ada Sistem Informasi Dana Bergulir E-Financing yaitu aplikasi yang mempermudah akses permodalan melalui perbankan.

Dana bergulir merupakan kredit lunak yang sumber dananya dialokasikan oleh Pemprov Jatim untuk penguatan modal usaha UMKM.

Terakhir adalah keamanan dan kenyamanan dalam menanam investasi Jawa Timur harus tetap dijaga.

Kepastian hukum, keramahan masyarakatnya, dan ada dukungan sepenuhnya dari pemerintah daerah untuk menjamin tidak terjadi high cost economy, yaitu bebas pungli dan juga sebaliknya investornya harus komitmen untuk memperluas lapangan kerja bagi masyarakat daerah setempat sehingga tercipta kesejahteraan masyarakat. (iit/fla/fai)

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved