Citizen Reporter

Guru Harus Menjadi Pendidik yang Profesional

Guru sebagai pendidik profesional dituntut untuk terus mengembangkan kompetensinya.

Guru Harus Menjadi Pendidik yang Profesional
SURYA.co.id/Citizen Reporter
Guru SMK Negeri 1 Sidoarjo 

SURYA.co.id | SIDOARJo - Guru sebagai pendidik profesional dituntut untuk terus mengembangkan kompetensinya.

Selain sebagai bekal untuk memberikan pelayanan terbaik kepada murid, namun juga untuk kepentingan individu guru dalam meningkatkan alur karier vertikal dan jenjang kepangkatan.

Salah satu upaya untuk mengembangkan kompetensi guru adalah melalui Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).

Dengan program PKB guru dapat meng-upgrade kompetensinya melalui kegiatan pengembangan diri, kegiatan kolektif, karya inovatif, dan publikasi ilmiah.

Kegiatan pengembangan diri merupakan salah satu upaya guru untuk meningkatkan profesionalitasnya.

Itu pada pengembangan kompetensi pedagogis, kepribadian, sosial, dan profesional sebagaimana yang menjadi amanat Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Agar program PKB dapat menjangkau ke guru sasaran yang lebih luas, Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Jasmani dan Konseling (P4TK Penjas dan BK) mengadakan pembekalan Instruktur Nasional (IN) bagi guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan SMA dan SMK.

Selama enam hari, mulai tanggal 24-29 September 2018 di P4TK Penjas dan BK Parung-Bogor, 70 peserta dari 13 provinsi dibekali dengan berbagai pengatahuan dan keterampilan.

Secara simultan, para INPKB di bawah bimbingan narasumber Agus Hariyono, Hilda Ilmawati, Deni Firianto Utomo, dan Leli Rahman mendalami materi kebijakan program PKB, Penguatan Pendidikan Karakter, Gerakan Literasi Nasional, Strategi Fasilitasi Pelatihan, dan Higher Order Thinking Skills.

Selain itu, materi dengan porsi besar yang didalami adalah kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional.

Halaman
12
Editor: Iksan Fauzi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved