Gempa Bumi Palu

Puluhan Korban Gempa Palu Mengungsi ke Surabaya Usai Dirawat di Makassar

Puluhan korban gempa bumi Palu pilih melanjutkan mengungsi di Surabaya. Mereka sempat dirawat di Makassar

Puluhan Korban Gempa Palu Mengungsi ke Surabaya Usai Dirawat di Makassar
tribun timur/irwan rismawan
Kondisi Kota Palu usai bencana gempa bumi melanda, pada Jumat (28/9/2018) petang. 

SURYA.co.id - Korban gempa bumi dan tsunami Palu yang mengalami luka ringan telah meninggalkan RS Sayang Rakyat, Kota Makassar.

Mereka kemudian memilih melanjutkan mengungsi ke Surabaya.

“Setelah mendapat perawatan, puluhan korban gempa bumi di Palu kembali ke Bandara Internasional Sultan Hasanuddin. Puluhan korban ini, rencananya akan melanjutkan perjalanannya ke Surabaya,” kata Direktur RS Sayang Rakyat, Drg Fausyia Nuralim, Minggu (30/9/2018) dini hari.

Sebelumnya, ada sekitar 30 korban gempa bumi dan tsunami di Palu tiba di Kota Makassar, Sabtu (29/9/2018).

Sebanyak 30 korban selamat yang mengalami luka-luka ringan ini sempat mendapat perawatan di RS Sayang Rakyat oleh tim medis yang telah disiapkan Pemerintah Provinsi Sulsel dan Pemerintah Kota Makassar.

Dari puluhan korban gempa bumi di Palu, lanjut Fausyia, dua orang di antaranya adalah ibu hamil.

Semua korban gempa bumi dan tsunami di Palu yang mendapat perawatan di RS Sayang Rakyat telah diobservasi di Instalasi Gawat Darurat (IGD).

Fausyia mengatakan, pihaknya sisa merawat empat orang dalam satu keluarga. Semua korban mengalami trauma.

“Semua yang kita rawat, hanya mengalami luka ringan dan bisa berjalan. Dua orang ibu hamil yang kita rawat, ibu dan bayinya sehat setelah diobservasi. Semua korban gempa bumi dan tsunami di Palu yang sempat dirawat di RS Sayang Rakyat mengalami trauma dan membutuhkan istirahat,” tuturnya.

Fausyia menambahkan, pihaknya siap merawat korban gempa bumi dan tsunami Palu. RS Sayang Rakyat memiliki fasilitas lengkap dan tim dokter disiapkan.

“Ya kami siap, rumah sakit ini punya spesialis. Jadi kami siap, kami ikut berpartisipasi atas nama Pemprov Sulsel dalam duka bencana di Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Sulteng,” tambahnya. (Hendra Cipto)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul : Selesai Dirawat di Makassar, Korban Gempa Palu Mengungsi ke Surabaya

Editor: Titis Jati Permata
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved