Citizen Reporter

Alfarazi Community UIN Maulana Malik Ibrahim Galakkan Belajar Kalkulus dalam Bahasa Arab

Komunitas itu bernama Alfarazi Community yang digagas bersama oleh mahasiswa Matematika pecinta bahasa Arab.

Alfarazi Community UIN Maulana Malik Ibrahim Galakkan Belajar Kalkulus dalam Bahasa Arab
SURYA.co.id/Citizen Reporter
Komunitas Alfarazi Community yang digagas bersama oleh mahasiswa Matematika pecinta bahasa Arab. 

SURYa.co.id | MALANG - Berawal dari kebijakan Jurusan Matematika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang menjadikan skor Test of Arabic as Foreign Language sebagai syarat ujian komprehensif, dibentuklah komunitas yang dapat menaungi mahasiswa Matematika untuk mengembangkan kemampuan berbahasa Arab.

Komunitas itu bernama Alfarazi Community yang digagas bersama oleh mahasiswa Matematika pecinta bahasa Arab.

Bahasa Arab merupakan bahasa Alquran. Maka tidak heran jika mayoritas anggota Alfarazi Community merupakan para penghafal Alquran.

“Selain menyediakan program kelas intensif bahasa Arab, komunitas Alfarazi juga berupaya mengadakan kelas intensif Alquran,” papar Gus Iqbal, Koordinator Divisi Tahfidz Alfarazi.

Ia menuturkan, kelas intensif Alquran berfungsi sebagai bengkel tajwid, baca-simak, dan setoran ayat Alquran yang dihafal.

Alfarazi memberikan perhatian khusus bagi mahasiswa yang ingin memperbaiki bacaan yang ingin meningkatkan kemampuan menghafal Alquran.

Kegiatan rutin belajar bahasa Arab, Senin (10/9/2018), didampingi pembina Alfarazi, Ustaz Mohammad Nafie Jauhari.

Alumnus Pondok Pesantren Darussalam Gontor yang menulis naskah skripsi dengan tiga bahasa itu mengajak mahasiswa Matematika belajar kalkulus menggunakan referensi buku berbahasa Arab.

“Belajar bahasa Arab ini sangat menyenangkan. Saya tidak hanya mendapat ilmu matematika tetapi juga sekaligus bahasa Arab,” tutur Lazatin, salah satu anggota Alfarazi.

Nafie piawai menciptakan suasana kelas yang enjoyful sehingga kegiatan belajar bahasa Arab tidak terkesan monoton. Ia memadukan proses belajar dan hiburan.

Selain belajar kalkulus, mahasiswa Matematika diajak menyaksikan video animasi kartun berbahasa Arab. Peserta diajak untuk memahami alur cerita dan percakapan para tokoh kartun.

“Niatkan untuk tidak memutus istiqamah,” tutur Nafie memotivasi 49 mahasiswa yang mempelajari bahasa Arab itu.

Anisatur Rizqiyah
CEO Alfarazi
Mahasiswi Matematika
UIN Maulana Malik Ibrahim
anisarizqiyah121@gmail.com.

Editor: Iksan Fauzi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help