Liga Indonesia

Persebaya dan Arema Tempati Daftar Tertinggi Suporter Tewas Akibat Sepakbola, Ini Data Lengkapnya

Haringga merupakan suporter sepakbola ke-76 yang tewas akibat sepakbola.

Persebaya dan Arema Tempati Daftar Tertinggi Suporter Tewas Akibat Sepakbola, Ini Data Lengkapnya
BolaSport.com
Duka Sepakbola Indoensia 

SURYA.co.id |Tewasnya Haringga Sirla, anggota The Jak -suporter Persija Jakarta- yang dikeroyok oknum suporter Persib Bandung, membaut sepakbola Indonesia  berduka.

Haringga merupakan suporter sepakbola ke-76 yang tewas akibat sepakbola.

Itu sesuai data yang terhitung sejak 1994 dan tercatat di  Litbang Save Our Soccer (SOS).

"Jumlah itu (suporter tewas) adalah data suporter yang meninggal pada hari kejadian atau sehari setelahnya, sejak tahun 1994. Jumlah itu didapat dari hasil riset ke suporter," sebut Koordinator SOS, Akmal Marhali dikutip Surya.co.id dari Kompas.com, Rabu (26/9/2018).

Hanya saja, jumlah tersebut tidak tertutup kemungkinan lebih banyak. Kareda ada kemungkinan masih ada suporter yang tewas akibat sepakbola dan tak tercatat di Litbang SOS.

Susana pemakaman Haringga Haringga Sirila di Indramayu, Jawa Barat, Senin (24/9/2018)
Susana pemakaman Haringga Haringga Sirila di Indramayu, Jawa Barat, Senin (24/9/2018) (Kompas.com)

"Bisa jadi jumlah yang tewas lebih banyak karena tak termasuk, misal, kompetisi level bawah atau tak terdeteksi langsung seperti akibat anarkisme dan meninggal sekian hari kemudian," sambung  Akmal.

Data yang tercatat SOS, lanjut Akmal, jumlah korban jiwa terbanyak disebabkan adanya pengeroyokan, termasuk juga Haringga.

Suporter Persija Jakarta itu tewas dunia akibat dikeroyok sejumlah oknum suporter Persib Bandung, Minggu (23/4/2018) lalu.

"Satu nyawa sudah terlalu mahal untuk sepakbola. Apalagi, sampai tujuh. Harus ada langkah konkret yang dilakukan untuk mencegah tindakan tak bermoral," saran Akmal.

 Dari catatan Litbang SOS, sesuai klub yang didukungnya, jumlah suporter yang jadi korban terbanyak adalah suporter Persebaya Surabaya, ada 17 orang. Selanjutnya, jumlah kedua terbanyak adalah pendukung Arema Malang dan Persija Jakarta, ada 9 korban jiwa.

Halaman
1234
Editor: Fatkhul Alami
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved