Citizen Reporter

Mahasiswa UM Gelar Aksi Nyata Berbagi Kebahagiaan Bersama Anak-anak YPAC Malang

Mahasiswa UM gelar aksi nyata dalam rangka berbagi kebahagiaan bersama adik-adik di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Malang, Minggu (9/9/2018).

Mahasiswa UM Gelar Aksi Nyata Berbagi Kebahagiaan Bersama Anak-anak YPAC Malang
SURYA.co.id/Citizen Reporter
Para mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) berbagi kebahagiaan bersama anak-anak YPAC Malang. 

SURYA.co.id | MALANG - Bahagia adalah suatu hal yang nyata ketika orang mampu membagikannya. Barangkali, bagi sebagian orang kalimat itu menjadi salah satu pemaknaan dari kata bahagia.

Cukup sederhana, namun jika ditelisik lebih dalam maka akan sarat makna. 

Memaknai kalimat itu, enam mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) melakukan aksi nyata dalam rangka berbagi kebahagiaan dengan adik-adik di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Malang, Minggu (9/9/2018).

YPAC merupakan organisasi sosial yang menyediakan pelayanan rehabilitasi secara terpadu bagi anak-anak disabilitas dan berkebutuhan khusus. YPAC berdiri sejak 1955.

Pukul 15.30 rombongan kecil itu berangkat ke YPAC yang berlokasi di Jalan Raden Tumenggung Suryo 39, Kelurahan Bunulrejo, Kecamatan Blimbing, Kota Malang. Sampai di lokasi, mereka disambut hangat oleh 17 anak binaan YPAC.

Terlihat dari raut mukanya, anak-anak sangat senang dan antusias bermain bersama para mahasiswa. Begitu pula dengan rombongan mahasiswa. Mereka tidak hanya antusias, mereka sangat terharu dan bersyukur bisa berkunjung ke YPAC.

“Mereka adalah guru saya, yang mengajarkan saya untuk banyak bersyukur, sedikit mengeluh, dan selalu bahagia” ujar Rizal Fanany.

Rizal adalah Ketua Tim Gerakan Care for Disabilities yang mendapatkan support dana dari PT Astra International pada 2016-2017.

Tim itu beranggotakan Iis, Nisa, Ilham, Tsania, dan Eka. Meskipun tenggang waktu implementasi sudah habis, mereka hingga saat ini masih bermain dan belajar bersama anak-anak YPAC.

Tim kecil itu bahkan bisa mengajak mahasiswa lainnya untuk turut bergabung berbagi kebahagiaan, meskipun hanya dengan bernyanyi bersama, bermain bersama, dan makan kue bersama.

Kadang-kadang, para mahasiswa dengan sabar mendengar cerita-cerita anak-anak.

“Semoga kegiatan berbagi kepada adik-adik YPAC seperti ini bisa terus kami lakukan di sela-sela kegiatan kuliah. Mereka sangat butuh orang-orang yang peduli, bisa mengajak bermain, tertawa bersama, bahkan sekedar mendengarkan curhatan mereka,” pungkas Rizal.

Tsania Nur Diyana
Awardee Beasiswa Aktivis Nusantara Angkatan 8
Pascasarjana S2 PendidikanFisika
Universitas Negeri Malang
tsanianurdiyana@gmail.com
IG: @tendetsania

Editor: Iksan Fauzi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved