Berita Madiun

Solusi Bagi Startup dan Pengusaha Baru, Coworking Space Kini Mulai Merambah Kota Madiun

Coworking space sebagai tempat bertemunya startup kini mulai merambah di Kota Madiun. Bagaimana prospeknya?

Solusi Bagi Startup dan Pengusaha Baru, Coworking Space Kini Mulai Merambah Kota Madiun
surabaya.tribunnews.com/rahadian bagus
Coworking space di kota Madiun. 

SURYA.co.id|MADIUN - Ruang kerja bersama atau yang populer disebut coworking space banyak menjamur di hampir semua kota besar di seluruh dunia. Ruang kerja bersama ini menjadi solusi permasalahan bagi pengusaha yang sedang merintis usaha atau startup.

Coworking space merupakan tempat usaha yang menghadirkan konsep berbeda. Tempat yang terintegrasi antara coffe shop, tempat makan, dan virtual office dalam satu area

Tren co-working space, telah mengubah cara orang bekerja menjadi lebih fleksibel, dan memberikan peluang untuk membangun jaringan. Tempat ini bisa menjadi tempat untuk berbisnis baru, hang out, sharing ide dan mengasah talenta.

Ide inilah yang ditangkap oleh pengusaha muda asal Kota Madiun, Andro Rohmana. Ia mengatakan, pengusaha baru atau perusahaan startup terkadang mempunyai kendala untuk memiliki kantor sebagai tempat memulai usaha.

Mahalnya harga properti maupun tanah di pusat kota menjadikan para starup ini berfikir berkali-kali, untuk membuat kantor. Muncullah ide membuat tempat kerja bersama agar para perintis usaha ini dapat bekerja lebih nyaman dan tidak terbebani modal untuk membuat kantor.

Meskipun coworking space ini sudah menjamur sejak beberapa tahun lalu di sejumlah kota besar di Indonesia, ternyata di Kota Madiun, coworking bisa dikatakan sebagai bisnis baru. Ia mengaku optimis, terhadap pasar coworking space di Kota Madiun.

"Banyak pengusaha pemula atau startup yang menginginkan tempat usaha tanpa harus sewa ruko yang harganya hingga puluhan juta rupiah. Saya ingin menjawab keluhan itu dengan mendirikan coworking space ini," kata Andro di coworking space miliknya yang diberi nama Offis di Jl. Serayu Timur V, Kecamatan Taman, Kota Madiun, Senin (24/9/2018).

Dia mengatakan coworking space mendukung terbentuknya kolaborasi antara anak-anak muda, pengusaha, ataupun komunitas. Di coworking space, para pengusaha baru itu dapat bertemu dengan pengusaha lain yang sedang mengembangkan usahanya, sehingga terjadi saling tukar informasi dan pengetahuan tentang bisnis.

Dia mengaku optimistis coworking space akan menjadi tempat baru yang bisa menjadi cikal bakal, lahirnya pengusaha-pengusaha baru.

"Tempat ini akan menciptakan ekosisten usaha yang baik. Dan akan menjadi tempat tumbuh kembang usaha di Madiun," jelas Andro.

Halaman
12
Penulis: Rahadian Bagus
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help