Lapor Cak

Hari Pertama Pemutihan Pajak Kendaraan, Herlina Mengaku Senang Mobilnya Langsung Atas Nama Sendiri 

Hari pertama layanan pemutihan denda pajak kendaran di Jatim berlangsung normal, Senin (24/9/2018).

Hari Pertama Pemutihan Pajak Kendaraan, Herlina Mengaku Senang Mobilnya Langsung Atas Nama Sendiri 
surya.co.id/nuraini faiq
BALIK NAMA -  Herlina saat memilih pembayaran nontunai saat mengurus pemutihan dan biaya balik nama gratis mobilnya di Samsat Manyar, Surabaya, Senin (24/9/2018).   

SURYA.co.id | SURABAYA - Hari pertama layanan pemutihan denda pajak kendaran di Jatim berlangsung normal, Senin (24/9/2018). Tidak seperti sebelumnya, hari pertama pemutihan kali ini masih sepi. Antrean juga normal tidak berdesakan. 

Kondisi itu terlihat di Kantor Layanan Samsat Surabaya Timur di Manyar. Tidak tampak antrean panjang di kantor luas itu. "Tidak sampai tiga puluh menit, Pajak dan denda tuntas terbayar dan STNK sudah di tangan kembali," kata Donny, warga Pucang Anom. 

Pria ini tiga tahun menunggak pajak motor. Dia hanya membayar Rp 436.000 untuk total biaya . Begitu tahu ada layanan pemutihan denda pajak kendaraan, Donny cepat-cepat di hari pertama mengurus pemutihan dan membayar pajak. 

Donny sempat cemas kalau antrean akan lama saat hari pertama pemutihan dan gratis biaya balik nama kendaraan. Ternyata di luar digaannya, semua layanan berjalan normal seperti hari biasa. 

Hingga laporan siang di Samsat Manyar disebutkan bahwa pengunjung atau wajib pajak yang mendatangi kantor Samsat Manyar mencapai 1.600-an pengunjung. Jumlah ini meningkat dari hari biasa Rp 1.500 orang. 

Selain pemutihan pajak, layanan yang ditunggu warga adalah biaya balik nama gratis. Para pembeli kendaraan tangan kedua akan diuntungkan karena selain tidak mengeluarkan biaya juga tidak mau ribet. Sebab saat membayar pajak wajib meminjam KTP pemilik lama. 

Herlina yang tinggal di JL Kutai Surabaya memang mencari kesempatan layanan BBN gratis. 

"Alhamdulilah mobil Terrano anak saya sudah atas nama sendiri. Nanti pas bayar pajak tidak perlu pinjam KTP pemilik lama," kata Herlina. 

 Herlina mengeluarkan biaya Rp 4,1 juta untuk balik nama mobil Terrano putranya hingga menerima BPKB. Besaran biaya kalau tidak balik nama sekitar Rp 3 juta. Herlina tidak pernah menghitung besaran BBN. Baginya sudah senang kalau mobilnya sudah balik nama

Sesuai ketentuannya, besaran biaya balik nama kendaraan mobil sekitar 2 persen dari dari nilai mobil. Jika mengurus BBN Avanza 2013-an, biaya balik nama sekitar Rp 1,5 juta. 

Halaman
12
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help