Berita Lamongan

Ratusan Santri Pagar Nusa Lamongan Dikukuhkan

Diharapkan semua anggota Pagar Nusa di Lamongan bisa memberikan manfaat kepada masyarakat.

Ratusan Santri Pagar Nusa Lamongan Dikukuhkan
surya/hanif manshuri
Para santri baru pencak silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa Lamongan yang telah dikukuhkan, Minggu (23/9/2018) 

SURYA.co.id | LAMONGAN - Bulan Syuro atau Muharram menjadi momen terpenting para pendekar untuk melakukan ritual organisasi. Seperti yang dilakukan oleh Pengurus Cabang Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa Lamongan.

Sebanyak 462 santri baru pendekar dikukuhkan , dan penyerahan amalan ijazah kepada 560 pendekar, di Gedung Korpri Lamongan, Minggu (23/9/2019). Acara rutinitas pengukuhan terhadap para santri baru ini, seperti yang disampaikan oleh Mahfud Ketua PC Pagar Nusa Lamongan, sebagai agenda tahunan yang selalu dilakukan saat bulan syuro atau Muharram.

"Pengukuhan ini menjadi agenda rutin setiap tahun,"ujar Mahfud.

Untuk tahun ini ada yang beda, ada tambahan penyerahan ijazah amalan-amalan dari para kiai di Lamongan yang telah dibukukan, dan dibagikan kepada para pendekar Pagar Nusa.

"Untuk ijazah ini, sedikitnya ada 560 orang yang menerima amalan-amalan ini, dan pemberian ijazah ini ke depan secara rutin akan dilaksanakan,"terangnya.

Sementara itu, Mahfud dalam sambutanya meminta kepada semua pendekar Pagar Nusa, baik yang baru dikukuhkan, maupun yang sudah lama, untuk senantiasa menjaga etika dan moral, dan agar selalu menjaga aqidah ahlusunnah wal jamaah, dan membentengi para kiai-kiai.

Sudah resmi dikukuhkan menjadi keluarga besar Pagar Nusa, maka semuanya harus mampu menjaga etika, menjaga ketertiban, dan membentengi para kiai tidak sok jagoan, dan jaga nama baik Pagar Nusa dan NU.

Saat ini lanjutnya, data seluruh anggota Pagar Nusa di Kabupaten Lamongan berjumlah kurang lebih 10.526 orang.

Rincianya sejumlah 3.754 pendekar sudah memiliki Kartu Tanda Anggota (KTA), sedangkan sejumlah 6.772 belum memiliki KTA dan masih dalam proses pengajuan.

Jumlahnya cukup banyak dan diharapkan semua anggota Pagar Nusa bisa memberikan manfaat kepada masyarakat.

Ketua KONI Lamongan Djanadi yang turut hadir menyampaikan harapannya, akan muncul bibit-bibit baru pesilat, dan bisa menjadi atlet Kabupaten Lamongan.

Lamongan menyiapkan berbagai potensi olahraga yang akan pertandingkan dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim yang akan digelar pada tahun 2019 mendatang, dan Lamongan sebagai tuan rumah.

Persiapan terus dilakukan oleh Lamongan, dan pada bulan Oktober 2018 ini akan KONI akan menggelar Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) untuk menjaring atlit-atlit yang handal, untuk diturunkan dalam Porprov mendatang.

"Kami menyambut baik pengukuhan ini,"harapnya.

Hadir diacara pengukuhan ini, Kapolres dan Dandim 0812, Staf Menpora Zainul, Wakil Sekretaris PP Pagar Nusa Muad Amsyari, Ketua PW Jatim Faidul Manan, Ketua KONI Lamongan Djanadi, Ketua PC NU KH Biin Abdussalam, dan sejumlah undangan lainnya.

Penulis: Hanif Manshuri
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved