Protret

Potret Dokter Gigi Adiah Ismulyanti Menjadi Tempat Curhat Para Prajurit TNI AL terkait BPJS

Belakangan ini, drg Adiah Ismulyanti kerap dijadikan tempat curhat para prajurit TNI AL yang bertugas di RSAL Dr Ramelan Surabaya.

Potret Dokter Gigi Adiah Ismulyanti Menjadi Tempat Curhat Para Prajurit TNI AL terkait BPJS
surya.co.id/nuraini faiq
drg Adiah Ismulyanti 

SURYA.co.id | SURABAYA - Belakangan ini, drg Adiah Ismulyanti kerap dijadikan tempat curhat para prajurit TNI AL yang bertugas di RSAL Dr Ramelan Surabaya. Para anggota TNI saat ini juga berlaku ketentuan baru dalam pelaksanaan kepesertaan jaminan kesehatan nasional (JKN) BPJS. 

Para prajurit TNI sekarang tidak bisa langsung dirawat di RSAL. Mereka harus lebih dulu ke Puskesmas dan baru kalau perlu dirujuk bisa rumah sakit di atasnya. Kalau memang gawat darurat baru ke RSAL.

 "Sedang berjalan sistem rujukan berjanjang. Banyak Prajurit yang ngeluh semacam curhat ke saya. Sebab mulai saat ini tak bisa langsung dirawat di RSAL," ucap Humas RSAL drg Adiah, Jumat (21/9/2018).

Perempuan alumnus Kedokteran Gigi Unair ini ikut mengedukasi masyarakat termasuk anggota TNI AL yang biasa langsung dilayani kesehatan mereka di RSAL. Meski pemahaman para anggota TNI AL bahwa RSAL adalah "rumah" mereka saat sakit. 

 Saat ini berlaku sistem berjenjang dalam pelayanan BPJS. Selama penyakit itu bisa ditangani di Puskesmas, maka tidak diperkenankan dirujuk ke rumah sakit. 

 Adiah merasa tertantang dengan kepercayaan masyarakat yang saat ini  di RSAL. Selain prajurit, keneraaaan RSAL setara dengan RSU Dr Soetomo Surabaya. Keduanya sama-sama PPK III," kata perempuan kelahiran 18 Mei 1975 ini.

 Menjadi tugas Adiah untuk menjelaskan kepada masyarkat. Bahwa RSAL bukan rumah sakit khusus TNI AL. Tapi juga melayani masyarakat  umum. 

 "Kami juga diminta Pak KA (Karumkit untuk wajib melayani masyarakat tanpa melihat itu pasien BPJS atau bukan. Yang penting pasien ditangani.

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help