Berita Surabaya

Barang Bukti Tindak Kejahatan Operasi Sikat Semeru 2018 Polda Jatim Tembus Rp 2,2 Miliar

total hasil barang bukti tangkapan Ditreskrimum Polda Jatim dan 39 Polres jajaran jika diuangkan senilai Rp 2,2 miliar

Barang Bukti Tindak Kejahatan Operasi Sikat Semeru 2018 Polda Jatim Tembus Rp 2,2 Miliar
surya/mohammad romadoni
Barang bukti ungkap Operasi Sikat Semeru 2018 Polda Jatim. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Sejumlah barang bukti dari 1.605 kasus kejahatan jalanan yang berhasil diungkap Ditreskrimum Polda Jatim bersama 39 Polres jajaran selama 12 hari giat Operasi Sikat Semeru bernilai fantastis. Barang bukti kejahatan itu merupakan mililk para korban yang meliputi kendaraan bermotor roda dua, mobil, jam tangan mewah, televisi, Smartphone, TV LED dan lainnya.

Adapun total hasil barang bukti tangkapan Ditreskrimum Polda Jatim dan 39 Polres jajaran jika diuangkan senilai Rp 2,2 miliar. Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan memaparkan sangat berharap kasus kejahatan jalanan di wilayahnya dapat berkurang untuk kenyamanan dan keamanan masyatakat di Jawa Timur.

"Dengan keberhasilan ini (ungkap kasus kejahatan jalanan) bisa mengurangi dan sehingga masyarakat Jawa Timur bisa nyaman dalam kondisi yang kondusif," kata Luki saat menggelar rilis kasus perkara, jumat (21/9/2018).

Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan saat gelar ungkap tangkapan Operasi Sikat Semeru 2018.
Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan saat gelar ungkap tangkapan Operasi Sikat Semeru 2018. (surya/mohammad romadoni)

Luki berharap khalayak publik dapat memberikan dukungan penuh kepada Polda Jatim untuk mengantisipasi dan mengungkap pelaku kejahatan jalanan yang kian marak.

"Sebagian tersangka dan barang bukti ini hanya sebagian yang kita hadirkan masih banyak berada di Polres jajaran," kata mantan Wakil Kepala Badan Intelijen Keamanan (Wakabaintelkam) Polri 2017 ini.

Untuk diketahui, dari 1.605 kasus kejahatan jalanan pihak Kepolisian menangkap 1.394 tersangka terdiri dari tindak kriminilitas yang berbeda-beda mulai dari kasus 3C (Curas, Curat, Curanmor), perampasan, pemerasan, penggunaan bahan peledak tanpa izin serta penggunaan senjata tajam dan Senjata Api (Senpi) tanpa izin.

Di sisi lain, secara kumulatif hasil ungkap Operasi Sikat Semeru 2018 yang dilakukan oleh Ditereskrimum Polda Jatim beserta tiga jajaran yaitu Polresta Sidoarjo, Polres Gresik dan Polres Tanjung Perak sebanyak 129 kasus dengan 146 tersangka.

Baca: 12 Hari Operasi Sikat Semeru 2018, Polda Jatim Bongkar 1.605 Kasus Kejahatan Jalanan

Rinciannya, Ditreskrimum Polda Jatim ungkap 10 kasus kejahatan jalanan menonjol dan menangkap 13 tersangka antara lain, Curat 7 kasus, dua kasus Curas dan satu kejahatan pemalsuan dokumen.

Polresta Sidoarjo mengungkap 41 kasus dan menangkap 48 tersangka antara lain, Curat 25 kasus, Curas dua kasus, Curanmor: 12 kasus dan dua kasus kejahatan pemerasan.

Polres Gresik ungkap 48 kasus kejahtan jalanan menangkap 52 tersangka, Curat 21 kasus, Curas dua kasus, Curanmor 15 kasus kepemilikan Sajam 8 kasus dan pemerasan dua kasus.

Selanjutnya, Polres Pelabuhan Tanjung Perak, mengungkap 30 kasus dan menangkap 24 tersangka.

Di antaranya, Curat 13 kasus, Curas 6 kasus, Curanmor 9 kasus dan Sajam dua kasus.

Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved