Rumah Politik Jatim

KPU Jatim Sebut Kepala Daerah yang Jadi Tim Kampanye Tak Menyalahi Aturan

Beberapa kepala daerah tercatat masuk di struktur Tim Kampanye Daerah (TKD) Provinsi Jawa Timur untuk pasangan Jokowi-KH Ma’ruf Amin.

KPU Jatim Sebut Kepala Daerah yang Jadi Tim Kampanye Tak Menyalahi Aturan
ist/tribun jatim
Komisioner KPU Jatim Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat (SDM dan Parmas), Gogot Cahyo Baskoro. 

SURYA.co.id | SURABAYA – Beberapa kepala daerah tercatat masuk di struktur Tim Kampanye Daerah (TKD) Provinsi Jawa Timur untuk pasangan Jokowi-KH Ma’ruf Amin.

Secara spesifik, mereka menduduki jabatan sebagai koordinator wilayah (koorwil) kampanye masing-masing daerah yang dipimpin.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim pun mengatakan, bahwa hal tersebut tak menyalahi aturan.

Komisioner KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro menjelaskan, mengacu pada Peraturan KPU (PKPU) 23 yang diperbarui di PKPU 28, kepala daerah memang diperbolehkan untuk masuk di struktur pemenangan.

”PKPU ini merupakan turunan UU 7 nomor 2017 yang memperbolehkan gubernur, wakil gubernur, bupati, wakil bupati, walikota, dan wakil walikota untuk terlibat di dalam proses kampanye,” kata Gogot Cahyo Baskoro ketika ditemui di Surabaya, Kamis (20/9/2018).

Kepala daerah hanya dilarang menjadi Ketua Tim Kampanye.

”Sedangkan untuk posisi korwil tersebut, tak diatur di regulasi,” kata Gogot Cahyo Baskoro.

Namun, berbeda halnya apabila kepala daerah tersebut menjadi pelaksana kampanye atau pihak yang ditunjuk oleh peserta pemilu untuk melakukan kegiatan kampanye.

Kepala daerah yang bersangkutan wajib untuk melakukan cuti. Yang mana cuti tersebut hanya bisa dilakukan satu hari selama seminggu hari kerja.

Pengajuan cuti tersebut diberikan oleh Menteri dalam Negeri. Namun, apabila berada di luar hari kerja, tidak diwajibkan untuk cuti.

”Selanjutnya, cuti tersebut harus disampaikan kepada KPU dan Bawaslu sesuai dengan tingkatan. Paling lambat, tiga hari sebelum pelaksanaan kampanye,” kata Gogot Cahyo Baskoro.

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Iksan Fauzi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved